Upaya Pemdes Malati Dalam Menekan Penyebaran Virus Covid-19 dengan PPKM

CIANJUR – Pemerintah Desa (Pemdes) Malati gencar melaksanakan Operasi Yustisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan pembagian masker serta penyemprotan cairan disinfektan, keguatan ini dilakukan dalam upaya menekan penyebaran virus Covid-19 khususnya di wilayah Desa Malati, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan.

Kepala Desa Malati melalui Kaur Umum, Robana Efendi mengatakan, kegiatan Operasi Yustisi bersama Muspika mengacu kepada Inpres No 6 tahun 2020 tentang mematuhi Pertokoler kesehatan Covid-19 untuk menekan penyebaran wabah virus Covid-19 di wilayah Desa Malati dan surat edaran dari bupati Cianjur.

“Ini salah satu kegiatan PPKM Mikro di desa kami, mengingat masih ada sebagian warga yang belum mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sehingga kami akan terus melakukan upaya edukasi baik melaluipublikasi maupun upaya lainnya. Salah satunya seperti operasi Yustisi yang dilaksanakan setiap Kamis dengan sasaran lokasi pasar Desa Malati yang ramai didatangi banyak orang,” ujarnya.

Robana, menjelaskan pihaknya pun akan terus berikan edukasi kepada warga masyarakat baik pengunjung pasar maupun warga pasar desa Malati. Tujuannya adalah agar jangan sampai kendor untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-195M (memakai masker , mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi).
“Kegiatan operasi yustisi bersama muspika dan Muspida. Personil yang di libatkan di antarnya dua anggota TNI dari koramil Cidaun, satu anggota Polri Babinkamtibmas dari Polsek Naringgul, empat anggota linmas, dan empat orang staf desa Malati,” jelasnya.

Robana menambahkan,dalam operasi yustisi tersebut ada beberapa warga yang terjaring operasi yustisi tidak memakai masker dan langsung diberikan teguran dan disanksi sosial yakni dengan cara di Push Up.

“Setiap warung maupun toko disemprot cairan disinfektan. Selain itu, kami juga membagikan masker untuk warga masyarakat yang tidak memakai masker dan memberikan imbauan kepada warga apabila keluar rumah untuk selalu memakai masker,” pungkasnya.(*/rik)