Aksi Solidaritas Muslim Cianjur Untuk Palestina, Serukan Boikot Produk Israel

Serangan Israel Kepada Umat Islam Palestina

RADARCIANJUR.com- Serangan tentara Israel terhadap warga sipil Palestina pekan lalu membuat banyaknya korban yang berjatuhan, hal tersebut tentunya mendapatkan kecaman dari berbagai pihak.

Tak terkecuali umat Islam dimanapun, termasuk umat Islam Kabupaten Cianjur yang turut mengecam aksi kebiadaban serangan tentara Israel yang banyak menewaskan warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Seruan untuk memutus hubungan diplomatik dan pemboikotan produk yang berasal dari negara Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap umat Islam di Palestina banyak dilakukan masyarakat Islam dimanapun khususnya Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut turut ditanggapi Ketua Ormas Islam Pemuda Persatuan Ummat Islam (PUI) Kabupaten Cianjur.

Ketua Pemuda PUI Kabupaten Cianjur Fadlun mengatakan, aksi yang dilakukan zionisme Israel terhadap umat Islam di Palestina adalah bentuk kedzaliman untuk menindas dan merampas hak-hak muslim Palestina.

“Kecintaan kita kepada sesama muslim sangat diamanatkan oleh Rosulullah SAW bahwa setiap muslim kepada muslim lainnya seperti satu jasad yang saling terhubung satu sama lainnya, apabila muslim didzolimi, disakiti maka kita harus merasa pedih dan sakit ikut merasakan penderitaannya,”Katanya Kepada Radar Cianjur, Selasa 18/05/2021.

Fadlun menambahkan pemboikotan produk Israel adalah bentuk lain dalam memerangi usaha Zionisme Israel secara ekonomi negaranya. Karena
keuntungan secara ekonominya tersebut dipakai untuk memerangi dan menjajah pribumi Palestina

“Secara tidak langsung sudah memberikan mereka keuntungan secara ekonomi apabila kita membeli produk dari negara Israel. Sehingga dengan aksi boikot produk Israel mencoba menghentikan produksi mereka untuk dikonsumsi oleh kita, sehingga berimbas terhadap keuntungan ekonomi mereka,”tuturnya.

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Rouf mengatakan, aksi seruan putuskan hubungan diplomatik dengan negara Israel pemboikotan produknya merupakan bentuk solidaritas umat Islam.

“Memang hal tersebut sifatnya baik, untuk hubungan diplomatik dan pemboikotan produk Israel itu kembali lagi kepada kewenangan negara. Namun upaya yang dilakukan umat Islam khususnya di Kabupaten Cianjur adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap penderitaan warga Palestina,”ungkapnya.

Abdul Rouf menyarankan, kepada Umat Islam di Kabupaten Cianjur agar memperbanyak do’a untuk keselamatan warga Palestina.

“Mari kita panjatkan do’a untuk keselamatan warga Palestina agar senantiasa diberikan perlindungan Allah SWT,” tuturnya.

Lain halnya dengan Sarikat Pekerja Nasional Kabupaten Cianjur dengan melakukan aksi gabungan bersama buruh lainnya mengecam segala tindakan zionis Israel.

Ketua DPC Sarikat Pekerja Nasional Hendra Malik mengungkapkan, pihaknya mengirimkan anggotanya untuk melakukan aksi unjuk rasa sebagai bentuk solidaritas kepada Rakyat Palestina.

”Gabungan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Jawa Barat akan melakukan aksi unjuk rasa pada hari ini (Red : Selasa tanggal 18 Mei 2021) lengkap dengan peralatan aksi seperti mobil komando, banner, spanduk, poster, bendera dan lainnya,”ucap Hendra.

Hendra menambahkan, Aksi unjuk rasa yang dilakukan Gabungan aliansi buruh dilaksanakan di beberapa tempat di Kota Bandung.

Aksi unjuk rasa akan di laksanakan di Pusat Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat seperti (Gedung Sate), jalan Diponegoro No. 22 Citarum, Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat serta di jalan Diponegoro No. 27 Citarum, Kota Bandung. Dengan tuntutan “Hentikan Penyerangan Israel kepada Palestina”ungkapnya.

Selain itu beberapa Buruh yang tidak dapat ikut melakukan aksi tersebut mengikuti aksi unjuk rasa lewat online .

“Karena kondisi masih dalam masa Covid-19 peserta aksi dibatasi dan untuk Buruh yang tidak bisa ikut aksi unjuk rasa di offline semua bisa ikut aksi lewat online atau virtual tentunya dengan tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan,”tandasnya (byu)