Kebutuhan ASN di Cianjur Melonjak, Karena Adanya Pensiun Besar-Besaran

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

RADARCIANJUR.com- Beredar surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia dengan nomor 434 Tahun 2021 mengenai penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur Tahun Anggaran 2021.

Dari isi surat tersebut disebutkan, total ASN yang diperlukan untuk Pemkab Cianjur sebanyak 355 terdiri dari 279 tenaga pendidik atau guru, 44 tenaga kesehatan dan 32 tenaga teknis.

Surat yang sudah beredar tersebut ditetapkan pada 21 April 2021 dan sudah berlaku sejak tanggal ditetapkan oleh Menpan RB.

Saat dikonfirmasi, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan mengenai keabsahan surat tersebut. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi serta kepastian dari pihak Menpan RB.

“Kita masih terus konfirmasi mengenai surat yang beredar tersebut, namun belum mendapatkan jawaban dari pihak Menpan RB, sehingga kita belum bisa memastikan kebenaran surat tersebut,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, pihak BKPPD Kabupaten Cianjur belum menerima secara fisik atau hard copy mengenai surat yang sudah tersebar. Karena terdapat perbedaan surat yang beredar dengan sebelumnya. Dikarenakan, surat sebelumnya belum tercantum mengenai P3K dan CPNS.

Dalam kebutuhan ASN di Kabupaten Cianjur, Budi menambahkan, saat ini Kabupaten Cianjur membutuhkan 24 ribu ASN yang saat ini berjumlah 12 ribu. Kebutuhan besar tersebut dikarenakan banyaknya ASN yang melakukan pensiun.

“Kebutuhan kita cukup besar yakni 24 ribu, karena sebelumnya setiap tahun itu yang pensiun hingga 500,” paparnya.

Namun baru pada tahun kemarin dilakukan pengangkatan terhadap 151 CPNS dan 1.335 P3K serta diharapkan surat yang sudah tersebar sesuai. (kim)