Pasca Libur Lebaran, Pemkab Cianjur Siapkan 60 Ribu Tes PCR

Bupati Cianjur, Herman Suherman

RADARCIANJUR.com – Pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur telah menyiapkan sebanyak 60 ribu alat tes usap PCR yang siap disebarkan ke semua Puskesmas di wilayah Kabupaten Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyebut, adanya penyediaan alat tes PCR itu dilakukan agar bisa digunakan kepada para pendatang seusai Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriyah atau 2021.

“Pemeriksaan terhadap para pendatang ini dilakukan agar mereka benar-benar tidak terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga kesehatan masyarakat sekitar bisa dipastikan tidak ada penyebaran Virus Corona,” kata Herman kepada wartawan, Kamis (20/5/2021) di Pendopo.

Herman mengatakan, pengadaan alat tes usap PCR itu merupakan upaya mendeteksi penyebaran covid-19, khususnya bagi pendatang pasca libur lebaran.

“Saat ini sudah mulai disebarkan 60 ribu alat swab ke semua puskesmas. Semuanya itu dilakukan untuk mengantisipasi dan mendeteksi penyebaran covid-19 agar cepat terkendali seandainya ada temuan kasus baru,” terang Herman.

Berdasarkan data dari Satgas Covid 19, Herman menyebutkan, jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Cianjur mencapai 5.168 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.380 orang sudah selesai isolasi atau dinyatakan sembuh, 538 orang masih dalam proses, dan 136 orang meninggal dunia, serta 114 orang beralamat di luar Cianjur.

“Data yang kami peroleh minggu pertama usai Idulfitri tercatat yang terdampak covid-19 hanya 80 orang,” katanya.

Meski masih terbilang kecil, Herman mengaku cukup khawatir adanya penambahan kasus Covid-19, terutama dari warga pendatang ataupun warga Cianjur yang pulang kampung saat lebatan kemarin

“Cukup khawatir, karena tidak semua yang masuk Cianjur itu bebas Covid-19,” tandasnya. (dan)