Banyaknya ASN Berstatus Plt di Kabupaten Cianjur, Ini Tanggapan Bupati

Bupati Cianjur, Herman Suherman

RADARCIANJUR.com- Pelaksana tugas biasa disingkat Plt dalam administrasi negara (Indonesia) adalah pejabat yang menempati posisi jabatan yang bersifat sementara.

Dalam prakteknya Plt adalah seorang pejabat yang mengantikan pimpinan sementara suatu instansi baik tingkat pemerintahan terbawah maupun paling atas.

Seperti halnya Kabupaten Cianjur yang memiliki banyak instansi yang dipimpin oleh seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jumlah 120 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari eselon I, II, dan III yang kini berstatus Plt.

Akan tetapi para pelaksana tugas tersebut diisi oleh pejabat dari dinas masing-masing yang masih berhubungan.

Bupati Cianjur H. Herman Suherman mengatakan saat ini banyak pejabat yang bersatus Plt di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur. Namun pemkab belum bisa untuk melakukan rotasi. Hal tersebut karena mengacu kepada aturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri)

“Bupati dan Wakil Bupati dalam aturan, selama enam bulan tidak boleh ada rotasi kecuali ada izin mendagri,”katanya, Sabtu 22/05/2021

Maka dari itu, pihaknya akan mengoptimalkan dengan mengajukan izin rotasi kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Tengah kami upayakan dengan mengajukan ke Mendagri izin rotasi,”tuturnya

Saat ini menurut Bupati proses tersebut hanya tinggal menunggu waktu dan kini sedang berlangsung.

“Saya akan optimalkan karena khawatir hampir 2,5 tahun lebih banyak pejabat Cianjur yang plt ini tidak bagus sehingga mereka tidak tegas dalam bertugas,”tandasnya.(byu)