Mencari Nafkah Menjadi TKI, Kembali ke Cianjur Tinggal Nama

MENINGGAL DUNIA: Yani salah satu TKI asal Kabupaten Cianjur yang pulang dalam kondisi meninggal dunia. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Pahlawan devisa Kabupaten Cianjur kembali pulang hanya dengan nama. Yani Karyani (39) Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kampung Pasir Sempur Rt5 Rw3 Desa Cibarengkok Kecamatan Bojongpicung. Isak tangis keluarga menyambut kedatangan jenazah saat peti jenazah tiba dan ketika jenazah Yani di keluarkan.

Sebelumnya, Yani Karyani dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (11/5) dan langsung dilakukan upaya pemulangan dengan pendampingan hukum dari pihak keluarga kepada LSM Forum Peduli Migran Indonesia (FPMI) Jawa Barat.

“Pemulangan jenazah Yani terbilang sangat cepat, kalau dihitung dari saat Yani meninggal di Abudhabi sampai tiba dirumah duka,” ujar Ketua LSM FPMI DPW Jawa Barat, Dhani Rahmad.

Lanjutnya, dari laporan surat rumah sakit, Yani meninggal karena sakit. Pemulangan cepat berkat kerja keras tim dan proses bantuan dari beberapa pihak yang sudah membantu.

“Pemulangan ini berkat bantuan dari beberapa pihak. Sehingga Kami (LSM FPMI DPW Jawa Barat) mengucapkan terimakasih kepada KBRI Abudhabi, Kejari, Kemenlu, Kemenaker, BP2MI dan Disnakertrans Kabupaten Cianjur. Tidak lupa juga peran dari Kepala Desa Cibarengkok yang dengan cepat memberikan berkas rekomendasi, sehingga pemulangan bisa cepet,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibarengkok, Asep Jalaludin menuturkan, pihaknya mendapatkan kabar ada warganya yang meninggal di Abu Dhabi satu minggu yang lalu.

Dari informasi, ternyata Yani berangkat ke Abu Dhabi sekitar enam bulan lalu melalui jasa beberapa sponsor dan diberangkatkan melalui PT yang ada di Jakarta Timur.

“Yani meninggalkan suami dan dua orang anaknya. Saya ucapkan terimakasih ke LSM FPMI DPW Jawa Barat, karena sudah membantu pemulangan Jenazah warga kami dari Abudhabi. Sehingga dapat dimakamkan dipemakaman keluarga yang tidak jauh dari rumahnya” tutupnya. (kim)