Harga Sayur Kol dan Wortel Merosot Tajam

Petani sayur di wilayah kecamatan Pacet dan Cipanas yang mengalami kerugian karena sebagian harga alami penurunan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Harga sayuran jenis kol dan wortel di petani yang ada di Desa Sukatani, Kecamatan Pacet saat ini merosot tajam sejak sepekan ini. Bahkan hanya dihargai Rp500 perkilogram.

Salah satu petani sayuran asal Kampung Gunungputri Yoyot (37) mengaku, saat ini hampir semua harga sayuran yang ada di seputaran Kecamatan Pacet masih belum ada peningkatan yang berarti dari setelah beberapa hari lebaran.

“Saat ini harga sayur di petani masih terpuruk. Khususnya jenis kol saja cuma dihargai Rp500 hingga seribu perkilo. Padahal sebelumnya bisa mencapai Rp 3000 hingga Rp 4000 perkilo,” kata Yoyot, Senin (24/5).

Yoyot mengatakan, tak hanya jenis kol saja, sayur jenis wortel pun sama. Mulai dari sepekan kemarin hingga kini dihargai hanya Rp1500 hingga Rp2 ribu perkilogram.

Padahal, lanjutnya, untuk wortel yang telah dibersihkan, harganya bisa dijual mencapai Rp 10 ribu perkilo.

“Wortel saja sekarang ini cuma Rp1500 per kilo, kadang kalau tengkulaknya mengerti naik menjadi Rp2 ribu per kilo,” ucapnya.

Menurutnya, harga sayuran di petani saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan membaik. Artinya masih jauh dari kata untung.

“Bisa balik modal saja sudah untung. Inimah boro-boro dapat laba, apalagi hasil panen kemarin pun dipakai untuk kebutuhan lebaran,” ungkapnya.

Seorang pedagang Sayuran Farid (45) di lapak Pasar Terminal Cipanas mengaku, ia bersama pedagang lainnya menjual sayuran jenis kol, sawi putih, pakcoy per kilonya hanya Rp5 ribu.

Biasanya, ia jual jika harga sayuran tengah stabil, bisa mencapai Rp 7 ribu hingga Rp 10 ribu perkilo.

“Kalau jenis pakcoy, sawi putih, dan juga kol kami jual eceran Rp5 ribu per kilo,” kata dia.

Ia berharap, pasca libur lebaran tahun ini harga sayuran bisa kembali normal lagi. Karena menurutnya dengan pengeluaran modal yang cukup besar ini penghasilan tidak sebanding dengan pendapatan yang diperoleh. (dan)