Longsor Cibeber, Sawah Tertimbun dan Pemukiman Warga Terancam

Peristiwa longsor terjadi kampung Cirawa RT 01 RW 10, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Minggu 23/05/2021.

RADARCIANJUR.com – Peristiwa longsor terjadi kampung Cirawa RT 01 RW 10, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Minggu 23/05/2021.

Menurut Informasi yang di himpunan Radar Cianjur longsor tersebut menyebabkan terdampaknya sejumlah lahan persawahan dan beberapa rumah dengan luas gabungan 6 ribu meter.

Kepala Desa Kanoman Sudrayat purnawirawan mengatakan, akibat terjadinya longsor tersebut delapan rumah serta satu musholla terancam dan lima keluarga di ungsikan.

“Longsor tersebut terjadi pada hari Minggu sekitar pukul 10.00 pagi, dan kita mendapatkan laporan dari warga. Ada beberapa keluarga yang sudah di ungsikan ke tempat yang lebih aman,” tuturnya kepada Radar Cianjur Senin (24/5/2021).

Kades menambahkan, Longsor tersebut terjadi akibat tanah yang tidak dapat menahan debit air hujan sehingga menimbun dua area sawah milik warga yang baru saja di tanam .

“Meskipun belum ada rumah yang tertimbun tapi pihak desa pun terus menghimbau agar para warga tetap mengungsi ke tempat yang lebih aman,” bebernya.

Jarak longsor ke tempat pemukiman warga sudah mencapai kurang lebih 10 meter, dan para warga yang berdekatan dengan longsor tersebut segera di ungsikan.

“Dengan jarak 10 meter akan mendekati rumah warga, maka dari itu warga yang berdekatan merupakan warga yang terancam makannya segera di ungsikan,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian longsor tersebut, dan sudah ada upaya evakuasi warga dari sejumlah pihak.

“Para petugas pun sudah ada yang meninjau ke tempat terjadinya longsor tersebut dan telah melaporkan kepada pihak kecamatan, Kapolsek, BPBD dan Bhabinmas sudah sudah ada yang mengontrol ke lokasi,”tandasnya. (byu)