Jalur Cipanas-Jonggol Sempat Lumpuh, Warga Bersama Petugas Evakuasi Material Longsor

Sejumlah petugas gabungan dan warga di lokasi sekitar tengah mengevakuasi longsoran yang terjadi di Jalan Mariwati. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Sejumlah warga dan petugas gabungan dari TNI-Polri, BPBD, Tagana, Damkar, dan tim PUPR kabupaten Cianjur berjibaku mengevakuasi material longsor yang sempat menutup jalur Cipanas menuju Jonggol di Jalan Mariwati Sukaresmi, Selasa (25/5/2021)

Kepala UPTD PUPR Wilayah I Pacet, Aris Muharram menuturkan, jalannya evakuasi telah dimulai sejak pagi hari dengan menggunakan alat seadanya bersama-sama warga sebelum datang alat berat.

Sempat dilakukan penutupan jalan, karena petugas dan warga masih mengevakuasi selama dua jam.

“Evakuasi sempat dilakukan bersama-sama warga dan petugas gabungan dengan alat seadanya. Tapi setelah beberapa saat tiba alat berat, evakuasi pun berjalan dengan lebih cepat,” kata dia saat ditemui radarcianjur.com, di lokasi, Selasa (25/5) pagi.

Tak hanya menggunakan satu alat berat, Aris mengatakan, dari tim Damkar Cipanas pun ikut membantu kelancaran evakuasi. Karena longsoran dari tebing, didominasi tanah licin.

“Jadi setelah material tanah selesai di evakuasi alat berat, kemudian dari Damkar Cipanas menyemprot jalan bekas itu supaya tidak begitu licin pada saat dilalui,” ujarnya.

Sebelumya disampaikan, karena diduga tak kuat menahan debit air dari curah hujan yang cukup tinggi, tebing di Jalan Mariwati, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, ambrol setinggi kurang lebih lima meter, pada Senin (24/5/2021) malam.

Akibatnya akses dari Cipanas menuju Jalur alternatif Jonggol terputus sejak malam dan pagi sebelum evakuasi selesai.

“Longsornya tadi sekitar pukul 19.30 Wib kang. Sebelumnya hujan deras, sehingga tebing setinggi kurang lebih lima meter ambrol,” kata Kepala UPTD PUPR Wilayah I Pacet, Aris Muharram Selasa (25/5/2021) pagi.

Akibat kejadian longsor tersebut, kata Aris, tidak ada korban jiwa. Namun akses Cipanas menuju jalur alternatif Jonggol via Mariwati Sukaresmi beberapa jam sempat lumpuh.

“Karena material tanah akibat longsor tersebut cukup banyak, jadi sempat menutup seluruh badan jalan Mariwati di lokasi itu,” kata dia. (dan)