Tak Kuat Menahan Debit Air, Tebing di Jalan Mariwati Ambrol

Sejumlah petugas gabungan dan warga di lokasi sekitar tengah mengevakuasi longsoran yang terjadi di Jalan Mariwati. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Diduga tak kuat menahan debit air dari curah hujan yang cukup tinggi, tebing di Jalan Mariwati, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, ambrol setinggi kurang lebih lima meter, pada Senin (24/5/2021) malam.

Akibatnya akses dari Cipanas menuju Jalur alternatif Jonggol terputus sejak malam dan pagi sebelum evakuasi.

“Longsornya tadi sekitar pukul 19.30 Wib kang. Sebelumnya hujan deras, sehingga tebing setinggi kurang lebih lima meter ambrol,” kata Kepala UPTD PUPR Wilayah I Pacet, Selasa (25/5/2021) pagi.

Akibat kejadian longsor tersebut, kata Aris, tidak ada korban jiwa. Namun akses Cipanas menuju jalur alternatif Jonggol via Mariwati Sukaresmi beberapa jam sempat lumpuh.

“Karena material tanah akibat longsor tersebut cukup banyak, jadi sempat menutup seluruh badan jalan Mariwati di lokasi itu,” kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Sukaresmi AKP Irwan Alexsander mengatakan, pada saat sudah terjadi longsor, baik kendaraan roda maupun empat diminta untuk putar balik dan diarahkan melalui jalur alternatif lain karena tidak bisa melitas.

“Sementara waktu pada saat sebelum ada evakuasi, kendaraan diimbau kita putar arah agar bisa melintas ke arah jalan alternatif lain, karena akses jalan memang tidak bisa dilalui,” kata dia.

Irwan menambahkan, satu unit alat berat diturunkan untuk menyingkirkan material longsoran.

“Dari PUPR, telah menurunkan satu unit alat berat untuk bisa mengevakuasi material longsor ke TKP,” ujarnya.

“Kami dibantu warga evakusi saat ini bergotong-royong berusaha mempercepat normalisasi akses jalan agar bisa cepat dilakui para pengendara yang melintas,” pungkasnya. (dan)