Waketum 1 PNKT Menilai, Karang Taruna Harus Fokus dan Solid

Wakil Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT), yang sekaligus Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Budhi Setiawan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Wakil Ketua Umum 1 Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT), yang sekaligus Anggota DPR RI Fraksi Golkar, Budhi Setiawan menilai, di tengah kondisi bonus demografi yang saat ini berjalan, Karang Taruna harus memiliki kepedulian terhadap pemuda-pemudi.

Oleh sebabnya, Karang Taruna di kabupaten Cianjur ini mesti bisa menjadi wadah kegiatan positif bagi mereka pemuda pemudinya dengan maksimal.

“Jadi melalui Temu Karya Karang Taruna ini diharapkan terjalin soliditas kepengurusan dan fokus pembinaan generasi muda khususnya di bidang sosial ekonomi di Kabupaten Cianjur ini,” kata Budhi disela-sela acara saat ditemui di Cipanas, Senin (24/5) siang.

Menurut Budhi, Karang Taruna Kabupaten Cianjur ini justru pernah memiliki jejak prestasi yang cukup bagus. Bahkan pernah menjadi pemenang dalam lomba karang taruna berprestasi tingkat nasional.

Tapi pasca itu, kemudian dinamika organisasi tersebut tidak bisa terkendali. Menjadikan adanya kesibukan di dalam pengurus itu sendiri.

“Jadi kesimpulannya para pengurus itu harus terus solid. Bukan kemudian pengurus itu mengurusi kepentingan lain. Kader-kader karang taruna saat ini buat kita akan sangat disayangkan, jika potensi mereka tidak diwadahi oleh kita sendiri,” kata dia.

Dengan begitu, Budhi berharap, dengan karang taruna provinsi Jawa barat yang memfasilitasi pembentukan temu karya ini, kedepan bisa terjalin lebih soliditas. Baik kepengurusan maupun ke bawahnya.

“Saya meminta, pengurus karang taruna ini bisa kembali fokus mengurusi pembinaan karang taruna, kader-kader yang ada di desa, maupun kelurahan,” ucapnya.

Tak hanya itu, Budhi berpesan kepada teman-teman karang taruna, jadikan momentum temu karya ini sebagai waktu menjalin soliditas. Karena program serta sumber daya yang dimiliki oleh Karang Taruna Kabupaten Cianjur ini, sangat luar biasa. Termasuk potensi ekonominya pun cukup baik.

“Jangan jadikan karang taruna ini hanya aktif di momen Pemilu saja, tetapi karang taruna punya peran yang jauh lebih besar menjadi Karang Taruna Kabupaten Cianjur yang mandiri dan maju,” pungkasnya. (dan)