Sholat Gerhana, Jamaah Masjid Agung Cianjur Berdoa Agar Pandemi Cepat Berlalu

KHUSYU: Pelaksanaan salat sunnah gerhana di Masjid Agung Cianjur kemarin malam digelar tiga shaf dan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

RADARCIANJUR.com- Pelaksanaan sholat sunnah gerhana turut dilangsungkan di setiap masjid yang ada di daerah-daerah. Salah satunya di Kabupaten Cianjur, beberapa masjid melantunkan takbir sebagai salah satu sunnah saat terjadinya fenomena alam baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

Pelaksanaan sholat sunnah gerhana bulan yang terjadi tadi malam dilakukan di Masjid Agung Cianjur. Beberapa jamaah yang hadir setelah melaksanakan sholat maghrib langsung melaksanakan sholat sunnah gerhana sekitar pukul 18.30 WIB.

Tak banyak jamaah masjid yang melaksanakan sholat sunnah gerhana. Dari pantauan RADARCIANJUR.com, terlihat tiga saf barisan jamaah yang melaksanakan. Sementara jamaah perempuan melaksanakan sholat sunnah gerhana berada di pelataran masjid.

Meski demikian, protokol kesehatan terap dilakukan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Imam holat sunnah gerhana yakni Ustad Zaenudin memberikan pesan mengenai fenomena alam yang terjadi cukup lama yakni 190 tahun sekali.

Saat di mimbar, Ustad Zaenudin mengimbau kepada seluruh jamaah untuk berdoa agar segala musibah yang terjadi bisa cepat berlalu dan wabah penyakit yang saat ini terjadi bisa cepat usai.

“Kita berdoa agar wabah penyakit ini cepat berlalu, khususnya untuk Kabupaten Cianjur dan Cianjur tentram damai,” ujarnya setelah melaksanakan sholat sunnah gerhana.

Sholat yang dilakukan dua rakaat tersebut tidak berselang lama, hanya berlangsung kurang lebih lima menit dan dilanjutkan dengan berdzikir bersama hingga menjelang sholat isya. (kim)