Dua Pekan Pasca Lebaran, Harga Daging dan Cabe di Pasar Cipanas Mulai Normal

TRANSAKSI: Jual beli daging ayam potong di pasar rakyat Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Harga daging dan jenis cabai di pasar rakyat Cipanas mengalami penurunan setelah Lebaran. Hal ini didorong karena menurunnya permintaan dari pembeli.

Berdasarkan informasi yang diterima radarcianjur.com dari Unit Pelayanan Terpadu (UPTD) Pasar Rakyat Cipanas, kabupaten Cianjur, harga daging ayam Kamis (27/5/2021) saat ini, berada di kisaran Rp 35 ribu per kilogram (kg), turun sebesar Rp 5.000 dibandingkan sebelum lebaran dan pada saat lebaran yang sebesar Rp 40 ribu per kg.

“Pas mau Lebaran kemarin, harga daging ayam naik lumayan tinggi, sampai Rp 40 ribu, sekarang sudah turun,” kata Irfan (32), salah seorang pedagang ayam potong di pasar tersebut.

Menurut dia, penurunan harga ini disebabkan oleh merosotnya permintaan pasca Lebaran. Jika saat Ramadan dan jelang lebaran, dirinya bisa menjual 30 kg-40 kg, kini hanya sekitar 10 kilo hingga 20 kilogram.

“Karena yang beli turun, mungkin sudah pada mudik lagi, mudah-mudahan pas (permintaan) sudah normal enggak naik lagi,” kata dia.

Hal sama dikatakan Ujang Koswara (35) pedagang daging sapi. Ia menyebutkan, harga daging sapi kali ini sudah mulai terbilang normal. Dari harga yang cukup melambung dikisaran Rp 140 ribu perkilo, kini sudah menurun Rp 125 ribu perkilogram.

“Ada penurunan beberapa kali. Asalnya turun 10 ribu, kini sudah mulai normal di kisaran Rp 125 ribu atau Rp 120 ribu perkilo,” kata dia.

Di sisi lain, Staf Tata Usaha UPTD Pasar Cipanas, Ade mengatakan, pasca Ramadan dan hari raya, harga daging-dagingan dan cabai cenderung menurun.

Hal tersebut, diakunya, sudah menjadi tradisi saat momentum permintaan dari pembeli meningkat.

“Mungkin karena memang momentumnya sudah biasa seperti itu. Ketika permintaan banyak, pedagang pun seperti itu. Tapi itupun hanya sesaat,” kata dia.

Seperti yang kini terjadi, untuk harga cabai merah tanjung, pada saat jelang Ramadhan bisa mencapai Rp 80 ribu perkilo. Tapi beberapa hari setelah hari raya berangsur turun Rp 20 ribu, menjadi Rp 60 ribu.

“Nah hari ini, harga cabai merah tanjung dijual Rp 40 ribu perkilo,” ujarnya.

Sama halnya dengan cabai merah biasa atau Tw. Pada saat momentum Ramadan dan lebaran, dijual hingga Rp 80 ribu perkilo. Untuk hari ini menjadi Rp 40 ribu perkilogram.

“Insyaallah pasca lebaran biasanya harga akan normal kembali. Paling nanti ketika ada momen lainnya sering ada kenaikan lagi. Mudah-mudahan sih tetap stabil,” kata dia. (dan)