Pasca Gerhana Bulan, Gelombang Laut Selatan Meningkat

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com- Pasca fenomena alam gerhana matahari total yang terjadi pada Rabu (26/5) malam, berdampak terhadap naiknya gelombang di sepanjang laut Selatan Jawa. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi tersebut dapat terjadi di Perairan Sukabumi-Cianjur dan Perairan Garut-Pangandaran pada 27-30 Mei 2021. Tinggi gelombang dapat mencapai ketinggian 4,0 meter.

Bahkan, ketinggian gelombang tersebut dapat mencapai ketinggian hingga dua kali lipatnya. Masyarakat pun diimbau agar mengurangi aktifitas di sepanjang pesisir laut Selatan.

Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, aktifitas masyarakat bisa kembali dilakukan hingga nanti ada informasi resmi dari BMKG.

“Dari pantauan ril nya, gelombang tinggi bisa dua kali lipat, sehingga sangat berbahaya. Untuk itu masyarakat lebih waspada dan mengurangi aktifitas di laut,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, M Irfan Sofyan mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah melakukan pemantauan dan pengawasan di sepanjang pesisir pantai Selatan Cianjur.

“Kita berjaga bersama stake holder dari polsek dan kecamatan, juga kita menempatkan setiap anggota Retana,” paparnya.

Hal senada pun diungkapkan Irfan, setiap masyarakat pun agar berhati-hati dan waspada terhadap gelombang yang masih terjadi saat ini pasca gerhana bulan total (GBT).

” Perhatikan kondisi dan kurangi aktifitas seperti melaut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbaunya. (kim)