Percepat Penanganan Bencana, BPBD Kabupaten Cianjur Bentuk Destana

RADARCIANJUR.com– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur resmi membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

Pembentukan Destana yang digagas BPBD Kabupaten Cianjur ini mencakup wilayah utara hingga selatan.

Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat dan mewujudkan sinergitas penanganan bencana di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur.

Acara pembentukan Destana pun dibuka langsung oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman di Grand Bydiel Cianjur Jl Ir.H . Juanda dengan dihadiri 32 korcam retana, camat se -Cianjur serta masing-masing kepala dinas.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan mengatakan, pembentukan Destana baru sebanyak 15 desa, di mana para relawan bencana desa merupakan para pengurusnya.

“Jadi para pengurus Destana ini adalah para relawan yang ada di desa-desa tersebut. Sehingga mereka lebih paham terhadap situasi dan bencana yang rentan terjadi di wilayahnya masing-masing,” katanya kepada Radar Cianjur melalui sambungan telpon

Irfan menambahkan, dengan adanya sosialisasi pengelolaan risiko bencana tingkat Kabupaten Cianjur ini maka akselerasi dan sinergitas penanganan bencana di seluruh Kabupaten Cianjur dapat terwujud dengan maksimal.

“Mudah-mudahan, setelah sosialisasi ini dilakukan, kita semua bisa lebih sinergis dalam menangani bencana di seluruh Kabupaten Cianjur,” bebernya.

Selain itu menurutnya dengan hadirnya Destana, koordinasi antara para korcam retana dan camat, kordes retana dengan para kades atau kelurahan bisa bersinergi dengan lebih baik.

“Diharapkan dapat lebih baik lagi koordinasinya dengan semua pihak,”tuturnya.

Irfan menjelaskan, hal tersebut bertujuan untuk menurunkan resiko bencana di Kabupaten Cianjur.

“Jika semua itu sudah tercapai, diharapkan dapat menurunkan Indeks Resiko Bencana Indonesia (IRBI) yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur,”tandasnya. (byu)