Ratusan Warga di Sukatani Perbaiki Saluran Air yang Tertimpa Longsor

KERJA BAKTI: Ratusan warga di dua kampung ikut memperbaiki saluran air yang sempat tertimpa longsor. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Ratusan warga melakukan kerja bakti membuka saluran air yang sempat tertimbun longsor di Kampung Panagan dan Pasir Kampung, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

Proses pembersihan dan pembukaan saluran air menggunakan alat seadanya dengan cara berjejer rapi ratusan warga di lokasi. Ditargetkan, perbaikan saluran air dibereskan secepatnya, maksimal selama beberapa waktu pada Jum’at (28/5/2021) ini. Sehingga diharapkan semua aktivitas warga dapat segera pulih seperti semula.

Tokoh Pemuda di Kampung Panagan, Asbim Misbahudin mengatakan, saluran air yang mengairi ribuan jiwa di dua kampung tersebut, beberapa waktu lalu sempat tertimpa material longsor, dan mengakibatkan belasan RT mengalami kesulitan air.

“Ratusan warga sejak pagi kompak berjejer di lokasi untuk melakukan kerja bakti memperbaiki jalur air yang mengairi 12 RT di dua wilayah itu,” kata Asbim kepada radarcianjur.com, Jum’at (28/5).

Selain mengakibatkan tertutupnya saluran air, longsor juga menyebabkan sulitnya pasokan air ke rumah-rumah warga selama hampir dua hari.

Bahkan, beberapa puluh meter jalur air dengan metode pipanisasi itu, sempat terbawa material longsor di lokasi tersebut.

“Kami dari warga sama-sama antisipasi dan tetap waspada pasca terjadinya longsor itu. Mengingat tanah di wilayah itu kondisinya cukup labil dan mudah longsor,” ujar Asbim.

Tak hanya dari warga, kerja bakti pun turut diikuti beberapa perwakilan dari pemerintah Desa Sukatani.

“Dari desa juga sudah ada kontribusinya. Bahkan hari ini beberapa perwakilan dari desa ikut kerja bakti ke lokasi,” kata Asbim. (dan)