Wakili Pemkab Cianjur, Pemdes Sindanglaya Hadir di Acara Penyusunan LKPP

Perwakilan dari pemerintah kabupaten Cianjur, Pemdes Sindanglaya berpartisipasi hadir di acara LKPP di Jakarta. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, menjadi satu-satunya desa di kabupaten Cianjur yang mewakili acara serap aspirasi dalam rangka penyusunan rancangan perubahan peraturan LKPP nomor 12 tahun 2019 yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Strategi dan Kebajikan Pengadaan Khusus, di salah satu hotel di Jakarta, yang berlangsung sejak Kamis hingga Jum’at (27-28/5/2021).

Kepala Desa Sindanglaya Nyanyang Kurnia Sanusi melalui Sekretaris Desa, Iyan Ardiyansah mengatakan, pengadaan barang/jasa di Desa saat ini memiliki pedoman yang diterbitkan oleh LKPP, yakni Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan Peraturan Lembaga.

“Jadi peraturan LKPP Nomor 12 tahun 2019 ini akan ada perubahan yang nantinya bisa menjadi pedoman penyusunan tata cara pengadaan barang dan jasa di desa sebagai bagian dari uji publik dalam penyusunan peraturan perundang-undangan,” tuturnya kepada radarcianjur.com, Jum’at (28/5/2021).

Lebih lanjut Iyan mengatakan, isu yang didapat dari adanya acara tersebut diantaranya adalah terkait belum dilakukannya pemisahan jenis pengadaan. Kemudian terkait tugas dan kewenangan para pihak, serta adanya ambang batas nilai pengadaan yang dilakukan kasie, kaur di desa.

“Secara keseluruhan ada sekitar 15 isu yang terkait saat adanya pertemuan aspirasi yang berlangsung di Jakarta kemarin,” kata dia.

Ia menambahkan, dengan ditampungnya aspirasi di acara tersebut diharapkan, rancangan perubahan penyusunan LKPP ini bagi pemerintah desa bisa lebih mudah dan efesien dalam proses pengadaan barang atau jasa di lingkungan pemdes kedepan.

“Jadi kedepan berharap, dalam pengadaan barang/jasa di Pemerintah Desa, bisa dilakukan melalui swakelola atau penyedia barang/jasa dengan nominal yang sudah ditetapkan,” pungkasnya. (dan)