Empat Pilar Jadi Dasar Keutuhan Negara Indonesia

HARUS TERSAMPAIKAN: Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi PAN, Eddy Soeparno memberikan materi mengenai empat pilar kebangsaan di rumah aspirasi Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Penguatan kebangsaan dalam keseharian sangat perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga materi kebangsaan perlu ditebarkan ke semua kalangan.

Seperti yang dilakukan oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno yang memberikan materi empat pilar kebangsaan di Kabupaten Cianjur, Sabtu (29/5). Di hadapan masyarakat, Kang Eddy, sapaannya menuturkan, dewasa ini sangat perlu kembali menguatkan keutuhan NKRI di kalangan masyarakat baik muda maupun tua.

“Empat pilar kebangsaan memang sangat perlu dan terus harus dijaga oleh kita semua, sehingga ini merupakan kewajiban kita sebagai wakil rakyat untuk terus mengingatkan dan mengupas agar tidak sampai pudar,” ujarnya.

Empat pilar tersebut meliputi NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika yang seluruhnya menjadi perekat bangsa. Sehingga masyarakat sebagai warga negara perlu menjaga empat pilar tersebut.

“Jangan sampai jadi dilupakan dengan seiring perkembangan zaman, perlu terus untuk dibahas dan tidak hanya oleh anak sekolah saja, tapi kita yang sudah dewasa pun sangat perlu yang nantinya dilanjutkan ke lingkungan sekitar,” tutur Sekjen DPP PAN ini.

Dirinya beharap, materi empat pilar tidak hanya sekedar didengar saja. Namun turut diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. (kim)