Bangunan Kosong di Cipendawa Pacet Dilalap Api, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Warga tengah menyaksikan bangunan kosong di Cipendawa saat terbakar api. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Kebakaran menimpa satu bangunan kosong di Kampung Pasekon RT 03 RW 14 Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Sabtu (28/5/2021) sekitar pukul 16.15 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. Namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Rustam Efendi (21) salah seorang warga setempat mengatakan, kebakaran bangunan yang merupakan vila tak berpenghuni itu mulanya diketahui warga pada pukul 16.30 Wib.

“Saat itu kelihatan ada asap ke atas berwarna hitam. Dikira warga bukan dari vila itu, karena memang sering ada yang bakar sampah di dekat lokasi. Tapi lama-kelamaan sekitar pukul 17.30 Wib, asap semakin hitam dan api terus terlihat membesar,” tutur Rustam, Sabtu (29/5).

Lebih lanjut, Rustam mengatakan, warga kemudian berusaha mendobrak gerbang vila tersebut untuk melihat dan berupaya memadamkan api dengan seadanya, sembari menunggu dari tim pemadam kebakaran.

“Setelah api terlihat semakin membesar, kemudian warga memberitahu hal itu ke RT, dan petugas. Termasuk menginfokan ke Damkar. Karena api tak bisa dipadamkan secara manual oleh warga,” kata dia.

Operator Regu 1 Damkar Cipanas, Dahlan mengatakan, adanya informasi kebakaran dari warga pertama kali diterima pihaknya sekitar pukul 18.10 WIB.

Tak lama berselang, kemudian tim langsung bergegas menuju ke lokasi dalam waktu kurang lebih 10 menit. Dengan kondisi sedikit hambatan lalu lintas di perjalanan.

“Alhamdulillah penangan selesai, kurang lebih satu jam hingga clear tidak ada api yang merembet ke bangunan lain,” ujarnya.

Menurutnya, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun sesuai info dari TKP, bangunan tersebut milik saudara Candra yang kini tinggal di Jakarta.

Lebih lanjut Dahlan mengatakan, kini tengah berkoordinasi bersama kepolisian untuk mengungkap bagaimana asal muasal kebakaran itu bisa terjadi.

“Kan bisa saja, apakah karena kelalaian manusia, atau adanya konsleting listrik, bahkan bisa saja karena ada orang yang sengaja membakar bangunan tersebut. Intinya masih dugaan,” kata dia. (dan)