Peringati Hari Lansia, Puluhan Warga di Cibodas Pacet Jalani Vaksinasi

Terlihat antusias mengikuti program vaksinasi covid-19 yang diselenggarakan pemerintah kepada para lansia di Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Cianjur. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Setelah sukses melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan pelayan publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur kembali melakukan vaksinasi Covid-19 bagi warganya.

Kali ini vaksinasi diberikan kepada lansia. Salah satunya yang dilaksanakan oleh warga lanjut usia atau lansia di Desa Cibodas, Kecamatan Pacet, Sabtu (29/5/2021).

Dengan dibantu tenaga kesehatan di wilayah setempat, para lansia akhirnya mendapatkan suntikan vaksin covid-19 dosis kedua. Sekaligus memperingati Hari Lansia Nasional yang bertepatan setiap tanggal 29 Mei.

Seperti dalam aturan, sebelum menjalani vaksinasi, mereka (peserta vaksin) diperiksa kesehatan terlebih dahulu oleh tim medis dari Puskesmas Sukanagalih.

Usai divaksin mereka mengaku tidak ada kejadian apapun yang dialami. Bahkan terlihat antusias mengikuti program vaksinasi covid-19 tersebut.

Ibu Iroh (60) penerima vaksin mengaku, awalnya ia merasa sedikit takut sampai berkeringat. Namun setelah disuntik vaksin, ibu empat cucu itu tidak ada keluhan apa pun.

“Alhamdulillah gak kerasa apa-apa. Hanya sedikit linu saja. Tapi akhirnya biasa saja,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, memang awalnya sempat mengeluarkan keringat karena sedikit rasa takut. Tapi setelah disuntik, sudah tidak terasa apa-apa.

“Saya aman-aman saja. Jadi untuk kita para lansia tidak usah takut dengan vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibodas, Abdullah Hambali melalui Kasie Pemerintahan, Samsun mengatakan, program yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut dari program pemerintah pusat yang seterusnya ke Pemkab Cianjur.

Namun dari namanya, Pemkab Cianjur memberi nama vaksinasi terhadap lansia ini, program ‘Nyaah ka Sepuh’.

“Sebetulnya vaksinasi pertama yang ditujukan lansia itu sudah dilaksanakan. Nah, di Hari Lansia Nasional kemarin, kami juga laksanakan vaksinasi bersama PKM Sukanagalih tahap kedua,” kata dia.

Berdasarkan laporan yang ada, Samsun menyebut, vaksinasi tahap pertama di Desa Cibodas khususnya, ada sebanyak 59 orang peserta yang datang. Namun untuk vaksinasi lansia yang berhasil disuntik sebanyak 30 orang, dan puluhan lainnya ditambah warga umum.

“Nah begitupun Sabtu kemarin, ada puluhan lansia juga yang mengikuti vaksinasi,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar menambahkan, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid 19 yang ditujukan kepada para lansia itu merupakan program yang memang sudah berjalan beberapa pekan kemarin.

“Jadi bagi kami di puskesmas itu memiliki target per hari vaksinasi ke para lansia sekitar 200 vaksin. Dengan tiga desa yang ditangani, yakni Desa Sukanagalih, Cibodas, dan Desa Gadog. Alhamdulillah semuanya bisa berjalan lancar,” tuturnya. (dan/cep)