Dinkes Cianjur Siap Jamin Vaksin Aman Dari Penyelewengan

Dokumentasi Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Di masa pandemi Covid-19 saat ini, keberadaan vaksin sangat diperlukan sejumlah masyarakat. Sehingga beberapa pihak mengantisipasi adanya kecurangan hingga penyelewengan di lapangan untuk vaksin Covid-19.

Antisipasi tersebut meliputi penyelewengan suap, penyelewengan vaksin bekas dan ilegal di kalangan masyarakat.

Plt Kepala Dinkes Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengatakan, vaksin Covid-19 didistribusikan melalui Hub yaitu Bio Farma. Bahkan, saat distribusi ke gudang farmasi turut dikawal ketat.

“Vaksin kan ditribusi dari Hub Biofarma, ke gudang farmasi juga dikawal kepolisian,” ujarnya

Tidak hanya itu, ia mengungkapkan, pihaknya memiliki berbagai sistem data dan pelaporan yang terintegrasi secara daring atau online.

“Secara pelaporan, ada pelaporan aplikasi smile, juga sistem distribusi dan pemakaian vaksin jadi semua terkrontol dan dilaksanakan online jadi tidak ada manual jadi bisa melihat cakupan dibanding penerima,” paparnya.

Hingga kini, pihaknya tidak menemukan adanya indikasi kebocoran dan keborosan vaksin Covid-19. Termasuk tidak ada vaksin yang rusak dan kadaluwarsa karena data yang digunakan bersifat real time.

“Kami secara pengawasan internal itu yang kami tekankan kalau ada indikasikami siap tidak lanjut dan menjamin, itu sudah keharusan, vaksin tidak bolah dijualbelikan, tidak boleh disimpan secara pribadi tapi harus dihunakan sesuai aturan,” tutupnya. (kim)