Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos Evakuasi Tiga ODGJ yang Dipasung

DILEPAS: Lukman (37) warga Kampung Tugu Kulon Kelurahan Sayang akan dibawa untuk proses pengobatan kejiwaan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Tiga orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) di Kabupaten Cianjur dievakuasi oleh tim dari Dirjen Rehabilitasi Sosial dan Yayasan Rumah Pulih Jiwa. Tiga ODGJ yang berada di tiga kecamatan yakni Cibeber, Sukaluyu dan Cianjur secara bersamaan akan dibawa untuk mejalani pemulihan.

Dari tiga ODGJ tersebut ada yang dirantai dan diborgol serta ditempatkan ke dalam satu ruangan yang cukup sempit yakni berkisar 3×3 meter.

Lukman (37) salah satu ODGJ di Kampung Tugu Kulon Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur yang sudah diborgol keluarganya selama kurang lebih satu tahun. Hal tersebut dilakukan karena Lukman dikhawatirkan membahayakan masyarakat sekitar.

Pengurus Yayasan Rumah Pulih Jiwa, Verawati mengatakan, pemasungan tersebut memang salah. Namun hal yang dilakukan merupakan bentuk rasa sayang keluarga.

“Memang serba salah, dipasung itu dilarang tapi di sisi lain membahayakan juga terhadap masyarakat sekitar,” ujarnya.

Setelah dilakukan evakuasi, rencananya Lukman dan dua ODGJ lainnya akan dibawa ke Balai Pala Marta, Sukabumi dan data-data untuk pengobatan pun langsung diproses.

Sementara itu, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Umar Khaerudin menambahkan, Lukman akan dipulihkan setelah semua administrasi selesai.

“Jika semua sudah selesai, maka akan dibawa ke rumah sakit jiwa. Karena Lukman memerlukan proses penyembuhan medis,” tuturnya.

Lanjutnya, bukan hanya pemulihan terhadap jiwa tapi dilakukan penyembuhan terhadap ekonomi dan sosial di lingkungan sekitar.

“Kehidupan Lukman bisa memberikan kontribusi kepada keluarga saat sudah sembuh nanti,” tutupnya. (kim)