Program Pakulian Disnakertrans Cianjur Permudah Pencari Kerja

Ilustrasi para pencari kerja

RADARCIANJUR.com – Untuk mempermudah para pencari kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Kabupaten cianjur kini membuat program baru.

Program yang dinamakan PAKULIAN (Pelayanan Antar Kerja Bagi Pencari Kerja) adalah sebuah sistem yang bertugas untuk mendata para pekerja berbagai macam lulusan akademik

Kepala bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans kabupaten Cianjur Ricky Ardhi Hikmat mengatakan, program tersebut untuk mempermudah para pencari kerja agar dapat dipekerjakan perusahaan sesuai kebutuhannya.

“Jadi di PAKULIAN itu kami mencari, karena sekarang kan kondisi sulit pandemi loker agak susah, akses masyarakat untuk mengetahui informasi loker di Cianjur susah makanya kami itu mendata tugasnya nanti,”Katanya kepada Radar Cianjur.

Ricky menambahkan, Melalui aplikasi Bursa Kerja Online DISNAKERTRANS pihaknya akan mendata profil para pencari kerja kemudian akan informasikan di dalam aplikasi tersebut.

“Di kita itu sekarang karena masa pandemi daftar AK 1 pun adaptasi kebiasaan baru berubah jadi online full, dulu kan biasa ada offline sekarang online saja karena kalau online pasti akan menimbulkan kerumunan banyak kalau online mereka daftar dulu nanti dikasih tahu kapan harus datang ke sini jam berapa untuk pengambilannya,”jelasnya.

Bagi yang sudah mendaftar online, mendaftar AK1 secara online mereka diberikan hak akses untuk mengupload lamarannya ke aplikasi.

“Nanti ketika mereka sudah daftar online mereka bisa mengupload lamarannya di dalam aplikasi, nanti setiap perusahaan yang kita jaring itu kita akan masukkan juga di aplikasi Bursa Kerja Online tersebut,”tuturnya.

Menurutnya, program tersebut mempertemukan antara pencari kerja dengan pemberi kerja di dalam satu wadah secara daring di dalam aplikasi itu sendiri.

“Kalau biasanya kan dulu ada yang di namakan zoomfer, itu pasti ramai juga menimbulkan kerumunan tapi inimah mempertemukan di dalam satu daring jadi nanti tuh apabila perusahaan membutuhkan, bisa melihat lamaran-lamaran yang sudah tercantum di aplikasi itu,” bebernya.

Ricky menjelaskan, dalam skema aplikasi tersebut nantinya perusahaan membuka loker dan tinggal memilih sesuai dengan kriteria atau kebutuhan perusahaan.

“Jadi tinggal di klik-klik saja di aplikasi itu dan tinggal panggil-panggil saja orang yang mencari kerja di wadah aplikasi itu oleh perusahaan. DISNAKERTRANS hanya memfasilitasi, kalau mengenai kebutuhan yang lebih tau itu perusahaan sendiri,”tandasnya.(byu)