150 ODGJ Sudah Tertangani YRPJ Cianjur, Sebagian Sudah Kembali ke Keluarga

DILEPAS: Lukman (37) warga Kampung Tugu Kulon Kelurahan Sayang akan dibawa untuk proses pengobatan kejiwaan. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Yayasan Rumah Pulih Jiwa Kabupaten Cianjur dalam kurun waktu Januari-Mei 2021 sudah menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) kurang lebih 150 orang dan sebagian besar kasus pasung. Selain kasus pasung, terdapat juga ODGJ yang sering berada di jalanan disebut dengan psikotik jalanan yang sudah turut dipertemukan juga dengan keluarga.

Namun, pihak Yayasan Rumah Pulih Jiwa hanya menangani ODGJ berkelamin perempuan. Pasalnya, ODGJ perempuan lebih bisa ditangani dibandingkan laki-laki.

Pengurus Yayasan Rumah Pulih Jiwa Cianjur, Verawati mengatakan, dari psikotik jalanan beberapa diantaranya sudah dikembalikan ke pihak keluarga.

“Kita hanya menangani ODGJ perempuan, karena kalau laki-laki lebih rentan. Selain itu beberapa diantaranya sudah kita kembalikan ke orang tua,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk ODGJ laki-laki, pihaknya bekerja sama dengan Balai Phala Marta Sukabumi yang nantinya menjalani pemulihan.

“Kalau pemulihan di Balai Phala Marta Sukabumi, tapi jika diperlukan untuk penanganan medis itu dibawa ke rumah sakit jiwa,” jelasnya.

Pihaknya pun meminta kepada pihak keluarga yang memiliki anggota keluarganya agar tidak melakukan pemasungan. Namun langsung melakukan konsultasi dengan puskesmas terdekat. (kim)