Guru Honorer Cantik Asal Wakon Ini Rela Temui ODGJ Demi Kemanusiaan

TAK TAKUT: Ani Sumarni (29) guru honorer menghabiskan sedikit waktunya untuk memanusiakan ODGJ. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Paras cantik dan muda akan membuat semua orang terpikat khususnya kaum pria. Namun, siapa sangka, wanita berusia 29 tahun yang berprofesi sebagai guru honorer yang mengajar di SDN Buni Kasih 2 Kampung Cicariang Hilir Desa Buni Sari Kecamatan Warungkondang ternyata memiliki jiwa sosial tinggi yang rela turun untuk merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Laporan Abdul Aziz N Hakim, Warungkondang

Ani Sumarni selain kesehariannya menjadi tenaga pengajar ini ternyata memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi dengan turun langsung merawat ODGJ. Memang tidak sering, namun hanya sesekali waktu menyempatkan waktunya untuk sekedar memberikan makan.

Tak ada rasa jijik maupun kurang nyaman. Dirinya secara sukarela mendekati dan sesekali berbincang dengan tujuan kemanusiaan. Bahkan, dirinya sampai memakaikan baju kepada ODGJ.

Bukan satu atau dua ODGJ. Tapi setiap dirinya melintas dan melihat, ia menyempatkan waktu sejenak untuk sekedar memberikan makan sebelum pergi ke sekolah dan mendatangi muridnya yang tidak memiliki ponsel untuk melakukan pembelajaran.

“Sudah setahun, saya melakukan ini atas dasar kepedulian kepada ODGJ tidak ada tujuan lain,” ujarnya.

Baginya, membantu ODGJ sama saja memuliakan manusia yang sejatinya ciptaan Yang Maha Esa. Totalitas dalam membantu pun dirinya hingga rela menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu ODGJ.

Sementara untuk pakaian, ia turut dibantu masyarakat yang ikut peduli dan membantu dirinya dalam melakukan aksi sosial tersebut.

Dirinya berharap, tindakannya tersebut dapat menginspirasi banyak masyarakat agar tidak memandang ODGJ sebagai orang yang tersisihkan dan ditakutkan.

“Bukan apa-apa, selama ini kita melihat ODGJ takut dan bagaimana, tapi sebetulnya mereka juga manusia. Semoga ini menjadi inspirasi untuk semua,” tutupnya. (kim)