Libur Nasional, Jalur Puncak Cipanas Padat

Jalur Protokol Cipanas yang menuju arah Cianjur kota dari depan pasar Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jalur Protokol Cipanas menuju Puncak Bogor dan arah sebaliknya terpantau padat merayap pada hari libur nasional, Selasa (1/6/2021) siang hingga sore ini.

Pantauan radarcianjur.com, di lapanagan sejak pukul 12.00 Wib hingga menjelang Asyar, beberapa titik di Cipanas seperti di pertigaan Hanjawar, pertigaan menuju Kebun Raya Cibodas, depan Pasar Cipanas, dan Tugu Bubur Pacet, terjadi antrean kendaraan.

Bahkan terlihat, antrean kendaraan itu didominasi roda empat. Baik asal Cianjur, maupun bernomor polisi luar Cianjur.

Salah seorang wisatawan asal Bogor, Kiki Setiawan (31) mengaku, ia bertolak menuju kota hujan lagi usai liburan di beberapa destinasi wisata bersama keluarganya.

“Ini semobil bersama istri dan anak, mau pulang lagi ke Bogor kang. Kemarin sudah liburan dari Cianjur selatan,” kata dia, Selasa (1/6/2021).

Tak hanya itu, menurutnya, kondisi jalur seperti ini memang sudah biasa. Pasalnya, ia mengaku sering melintas ke Cianjur ini karena ada kantor tempat bekerjanya di wilayah Bandung.

“Kalau melintas sering. Karena saya bekerja di salah satu perusahaan swasta, dan kebetulan ada kantor di Bandung juga, selain di Bogor,” ujarnya.

Senada disampaikan Majid (38), warga Asal Tangerang Selatan. Ia mengaku ke Cipanas Cianjur ini karena ada saudara dari Bapaknya untuk bersilaturahmi.

“Iya kang ini mau ke saudara bapak di wilayah Pacet, Cianjur. Mumpung lagi libur,” kata dia.

Majid terlihat menggunakan sepeda motor dari arah Tangsel bersama istrinya. Keduanya mengaku, pergi mulai pukul 07.00 pagi dengan harapan tidak terjebak macet di beberapa titik rawan kepadatan.

“Padahal tadinya mau coba supaya gak terlalu macet. Tapi memang sudah biasa padat terus disini. Jadi ya mau gimana lagi, ini harus antre,” ujarnya.

Tak hanya itu, terlihat di ruas protokol Cipanas, sejumlah petugas lalu lintas dari Polres Cianjur disiagakan di sejumlah titik.

Terlebih, seperti wilayah Pasar Cipanas dan depan Tugu Bubur Pacet yang memang rawan macet dan terjadi kepadatan kendaraan. Petugas pun berupaya mengatur lalu lintas di titik-titik tersebut. (dan)