17 Tahun Hilang Kontak, Akhirnya TKW Cianjur Ditemukan di Malaysia

RADARCIANJUR.com – Ani Hamdanah, Tenaga Kerja Wanita asal Cianjur berangkat kerja sebagai TKW ke Selangor Malaysia, pada Mei 2004 kini dapat ditemukan setelah 17 tahun hilang kontak.

Menurut Informasi yang dihimpun Radar Cianjur Ani Hamdani adalah Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kampung Cibogo Desa Mekargakih Kecamatan Ciranjang.

Akhirnya ia dapat kembali berkomunikasi dengan keluarga dan rencananya ibu dua anak tersebut segera pulang ke kampung halamannya.

Ketua DPC Astakira Pembaharuan Kabupaten Cianjur Ali Hildan, mengatakan setelah ramai pemberitaan, ada seorang TKW asal Cianjur yang juga bekerja di Malaysia dan mengetahui keberadaan Ani sehingga menginformasikannya ke pihaknya.

“Awalnya setelah ramai berita dan sampai informasinya ke sana. Ada warga Cianjur yang juga bekerja sebagai TKW. Dia kenal dengan Ani, sehingga langsung dihubungkan komunikasi antara Ani dan keluarganya,” katanya Rabu 2/5/2021

Menurutnya Ani kehilangan kontak keluarga dan sudah sempat berusaha mencari kontak anggota keluarganya namun tak berhasil.

“Alhamdulillah sekarang sudah bisa komunikasi lagi, bahkan kemarin video call juga,” ucapnya.

Ali menjelaskan, saat ini Ani akan segera pulang ke tanah air, namun ada beberapa hal yang perlu diselesaikan terlebih dulu.

Ia juga belum bisa menyebutkan permasalahan yang dialami Ani sehingga selama 17 tahun hilang kabar dan tak berkontak dengan keluarganya.

“Secepatnya akan pulang. Kalau masalah yang dihadapi selama di sana kami masih cari tahu. Termasuk apakah haknya dipenuhi atau tidak, kami juga masih dalami. Jika ada haknya yang tak terpenuhi, kami akan berusaha agar bisa terpenuhi seluruhnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Disnakertrans Cianjur Ricky Ardhi, mengaku belum mengetahui adanya TKW asal Cianjur yang hilang kontak dengan keluarga selama 17 tahun.

“Belum mengetahui, kita akan cek dulu dari prosedur pemberangkatan dan kalau memang sudah ada kabar kita akan usahakan bisa secepatnya dipulangkan,” pungkasnya.(byu)