DPMD Cianjur Akan Luncurkan Aplikasi Desa Pintar

DPMD Cianjur

RADARCIANJUR.com- Peran digital di era saat ini sangat membantu masyarakat, khususnya di Kabupaten Cianjur. Melalui digital, segala bentuk proses seperti administrasi bisa dilakukan tanpa harus datang dan menghabiskan waktu.

Dalam memudahkan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur menghadirkan inovasi untuk desa dengan memanfaatkan teknologi.

Kepala DPMD Kabupaten Cianjur, A Danial menjeladkan, program yang tengah dipersiapkan tersebut yakni program aplikasi Smart Village dengan kode D324.

“DPMD akan mengusung secara berahap soal aplikasi Smart Village, kita akan launching pada 24 Juni 2021 di Desa Sindanglaya,” ujarnya.

Lanjutnya, aplikasi yang memiliki arti Desa Pintar ini akan memudahkan masyarakat dan pemerintah dalam hal tertib administrasi. Mulai dari administrasi keuangan sampai pelayanan masyarakat.

Selain itu, kode D324 tersebut merupakan jumlah desa yang ada di Kabupaten Cianjur yakni 324 desa.

“Nanti kita bisa membuka akun desa mana saja. Misalnya warga di satu desa, kalau desa belum mendaftarkan nomor induk KK, itu bisa diinput di aplikasi. Tidak harus ke desa. Tinggal klik saja,” ungkapnya.

Target dari aplikasi ini adalah tertib administrasi, khususnya keuangan. Hanya dengan mengunduh aplikasi, semua pelayanan bisa mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Sehingga, administrasi desanya tertib terutama keuangan. Jadi tinggal input saja agar lebihmudah. Harapannya juga nanti inspektorat bisa lihat di situ saja kalau mau memeriksa,” terangnya.

Salah seorang warga Desa Nagrak, Cianjur Andi (19) mendukung program yang diusung DPMD. Menurutnya, saat ini kepengurusan administrasi kadang sulit dan lama.

“Mudah-mudahan saja aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat. Kadang jauh kalau mau ke kantor Desa, ada ongkos lagi. Kalau online dan terintegrasi kan lebih mudah,” tutupnya. (kim)