Kembali Tertunda, Jemaah Haji Cianjur Belum Bisa Berangkat

RADARCIANJUR.com– Dilarangnya masyarakat Indonesia ke negara Saudi Arabia turut berdampak kepada sejumlah calon jamaah haji yang akan menunaikan rukun islam kelima. Ternyata hal tersebut membuat jemaah haji asal Kabupaten Cianjur pun harus menunggu kepastian.

Padahal saat ini sudah mendekati puncak haji 2021, namun kepastian keberangkatan belum jelas dan informasi. Selain itu, diketahui otoritas Arab Saudi akan menerapkan syarat khusus terkait keputusannya membuka penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur Usep Muhammad Tamam menjelaskan, sampai saat ini belum ada informasi soal pemberangkatan maupun kuota calon jemaah haji 2021.

“Sampai saat ini belum ada informasi khususnya dari provinsi juga belum ada info apapapun, tapi kami akan mulai persiapan,” ujarnya.

Diketahui, calon jemaah haji Kabupaten Cianjur pada 2020 mencapai 1.361 orang. Pemberangkatan mereka tertunda karena pandemi Covid-19.

“Sampai saat ini belum diberangkatkan makanya untuk 2021 belum dapat informasi terkait kuotanya,” terangnya.

Meskipun demikian, vaksinasi Covid-19 untuk calon jemaah haji sudah dilakukan hingga tahap dua. Walaupun tidak secara menyeluruh karena faktor kesehatan jemaah.

“Vaksinasi juga tidak terbatas lansia atau non lansia. Memang baru sebagian kecil yang divaksin karena temuan kesehatan. Dan sudah diselesaikan sampai tahap kedua beberapa bulan lalu,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap tahun ini calon jemaah haji Kabupaten Cianjur bisa berangkat ke tanah suci. Soal teknis, pihaknya siap mempersiapkannya.

“Kami selau penyelenggara haji Kabupaten Cianjur sekalipun posisi pandemi berharap agar jemaah haji bisa diberangkatkan pada 2021, kami secara teknis siap dipersiapkan bersama tingkat yang lebih atas,” tutupnya. (kim)