3 Tahun Pergantian Trayek, Jumlah Angkot Cianjur yang Beroperasi Masih Stabil

Angkot Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim /Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Semenjak pergantian jalur angkutan umum jenis angkot beberapa tahun yang lalu dan seiring di leburnya beberapa trayek dengan penambahan rute trayek dan pengurangan membuat kini hanya berjumlah 10 trayek angkot.

Selain itu Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur mencatat angkot yang beroperasi cenderung stabil dengan tidak banyaknya pengurangan signifikan di segala trayek jurusan angkot masing-masing.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan umum Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur Hendra Wira mengatakan, setelah 3 tahun pergantian rute angkutan umum jenis angkot tidak mengalami pengurangan jumlah yang beroperasi.

“Semenjak tahun 2018 hingga sekarang tahun 2021 jumlah angkot masih stabil jumlahnya walaupun ada beberapa rute yang digabung, di perpanjang dan diperpendek,”katanya kepada Radar Cianjur, Jum’at 04/06/2021.

Menurut Hendra, trayek angkot sebelumnya berjumlah 14 dan kini dikurangi dan hanya berjumlah 10.

“Jadi gak berpengaruh walaupun kini hanya berjumlah 10 trayek, alhmdulillah angkot di Kabupaten Cianjur stabil, walaupun tidak seratus persen,”ungkapnya.

Saat ini menurutnya, proyeksi jumlah angkot dari Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur berjumlah 1.537 dengan yang terbanyak dimiliki Lintasan 4 dengan trayek Jalan Raya Bandung sampai dr Muwardi dengan jumlah 308.

“Kalau realisasinya dilapangan yang beroperasi ada 1517 angkot yang terdiri dari berbagai rute dan terbanyak untuk realisasinya lintasan 4 yang kini berjumlah 306. dan angkot paling sedikit yaitu Lintasan 9 dengan trayek pendek Terminal Rawa Bango sampai Pasirhayam dengan jumlah 26,”tuturnya.

Menurut Hendra, adanya pengurangan angkot dan beberapa trayek disebabkan beberapa faktor penentu.

“Seperti angkotnya sudah tidak layak jalan, umurnya sudah tua dan beberapa pemilik yang sudah habis masa ijinnya akan tetapi belum diperpanjang sehingga tidak kembali beroperasi,” ungkapnya.

Hendra menjelaskan, saat ini belum ada rencana untuk mengganti trayek angkot di Kabupaten Cianjur.

“Saat ini belum ada pembahasan kesana, trayek angkot masih sama dengan jumlah yang telah ditetapkan semenjak tahun 2018,”tandasnya.(byu)