Irigasi di Desa Bojongkasih Tak Terurus Disulap Jadi Tempat Wisata

BAHAGIA: Salah seorang anak tengah asik bermain air di saluran irigasi yang sebelumnya tak terurus. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com– Kabupaten Cianjur memiliki segudang destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi, salah satunya objek wisata Bendungan Bojongkasih Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur. Daerah yang terkenal dengan seribu curug ini memang menyimpan banyak tempat wisata.

Lokasinya di Kampung Bolenglang dan tak jauh dengan Curug Ciastana yang sudah terkenal sebelumnya. Nama Bendung Bojongkasih belakangan ramai dikunjungi wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata menarik.

Sebelumnya, tempat ini tak terurus dan sekarang menjadi indah setelah ditata dan dikelola oleh Bumdes Bojongkasih yang melibatkan warga sekitar dalam hal penataan dan pengelolaannya.

Dari unggahannya, sejumlah warganet tampak memadati Bendung Bojongkasih. Mereka terlihat banyak yang duduk di pinggir aliran irigasi yang dipenuhi pengunjung, tak sedikit yang memakai masker.

Di Wisata Bendungan Bojongkasih sendiri ada beberapa spot dan tempat yang menarik untuk berselfi atau hanya untuk bersantai serta ada berbagai tempat dan wahana untuk anak-anak juga untuk berenang menggunakan pelampung yang berasal dari ban dalam mobil.

Menurut salah seorang pengunjung Imas Masitoh mengatakan, sangat senang sekali berkunjung ke Wisata Bendungan Bojongkasih disamping murah juga aman dan sangat cocok sekali sebagai tempat bermain bagi keluarga dan anak-anak.

“Lokasinya enak dan cocok buat bermain anak, selain itu aman juga serta orang tua pun bisa mengawasi sambil liburan,” ujarnya.

Keindahan Wisata Bendungan Bojongkasih tak lepas dari peran pemuda terutama Bumdes bojongkasih. Awalnya, lokasi ini merupakan irigasi untuk mengairi sawah. Namun, karena kondisinya tidak terurus, Direktur Bumdes Bojongkasih berinisiatif untuk membersihkan irigasi tersebut dan dijadikan peluang untuk dikembangkan menjadi salahsatu unit usaha Bumdes

“Kami mengubah aliran irigasi yang berasal dari kali Muaratelu ini menjadi destinasi wisata. Hingga saat ini, lokasi tersebut ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah termasuk dari luar daerah,” papar Direktur Bumdes Bojongkasih, Ricky Herdiana.

Lanjutnya, ntuk saat ini, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini hanya ditarif biaya sebesar Rp3.000,. Adapaun hasil dari pengelolaan Wisata Bendungan Bojongkasih ini nantinya akan dikembalikan lagi ke pemerintah desa dan menjadi tambahan PADes Bojingkasih serta sebagian akan didonasikan untuk sosial sisanya baru untuk pengelola.

“Semuanya masuk ke pendapatan asli desa, sehingga mendorong juga kemajuan desa di bidang wisata,” tutupnya. (kim)