Kabar Gembira, PT Taspen Bagikan Gaji Pensiun ke-13 Tahun 2021

Branch Manager Kantor Cabang PT Taspen Bogor, Eveline

RADARCIANJUR.com—Kabar gembira bagi para pensiunan. PT Taspen (Persero) secara serentak akan membayarkan gaji pensiun ke-13 untuk pensiunan, penerima pensiun dan tunjangan tahun 2021 melalui kantor bayar pensiun bulanan masing-masing.

Branch Manager Kantor Cabang PT Taspen Bogor, Eveline menjelaskan, pemerintah menetapkan gaji pensiun ke-13 tahun 2021 akan dibayarkan Jumat (4/6) hari ini, sesuai dengan PP Nomor 63 Tahun 2021 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ke Tigabelas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Tahun 2021.

“Besaran gaji pensiun ke-13 tahun 2021 sama dengan penghasilan bulan Juni 2021. Terdiri dari pensiun pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan beras. Tidak dikenakan potongan iuran dan lainnya, kecuali potongan pajak penghasilan sesuai ketentuan,” jelasnya.
Eveline menambahkan bahwa penerima dana kehormatan dan penerima tunjangan veteran sebesar 50 persen tidak berhak menerima gaji pensiun ke-13.

Bagi penerima pensiun/tunjangan yang menerima lebih dari satu penghasilan, atau pensiun rangkap yang bersumber dari APBN, hanya diberikan salah satu yang lebih menguntungkan. Selanjutnya penerima pensiun/tunjangan dan sebagai penerima pensiun/tunjangan janda/duda, maka diberikan gaji pensiun ke-13 tahun 2021.

Perlu diketahui juga bahwa penerima pensiun pejabat negara dan sebagai pejabat negara/PNS aktif tidak dibayarkan gaji pensiun ke-13. “Bagi PNS dan pejabat negara yang pensiun terhitung mulai tanggal 1 Juli 2021 dan seterusnya, maka pembayaran gaji pensiun ke-13 dilakukan oleh instansi,” kata Eveline.

Eveline menghimbau kepada pensiunan yang akan mengambil Pensiun 13 Tahun 2021 diharapkan dapat menghindari antrian atau penumpukan dalam mengambil gaji pensiun ke-13. Disarankan bisa melalui mesin ATM bagi yang sudah memiliki kartu ATM, Smarcard maupun Co-Branding.

Bagi penerima pensiun yang mengambil uang pensiun melalui juru bayar, agar tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

“Kami mengingatkan kepada para pensiunan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Taspen,” tukasnya. (*/sal)