YRPJ Berharap Lebih Perhatian dari Pemerintah Cianjur

Bendahara YRPJ, Dadang Sudrajat

RADARCIANJUR.com – Yayasan Rumah Pulih Jiwa (YRPJ) mengaku belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur

Hal tersebut turut diamini Bendahara YRPJ, Dadang Sudrajat di sela-sela kegiatannya.

Dadang mengatakan, saat ini pemerintah Kabupaten cianjur belum terlalu memperhatikan YRPJ, padahal pihaknya telah melakukan sumbangsih dengan merawat para ODGJ agar dapat kembali diterima dimasyarakat.

“Belum ada yang benar- benar signifikan, baru ada sebagian kecil bantuan seperti dari Dinsos berupa sembako,”katanya.

Ia juga meminta bantuan kepada siapapun yang mampu membantu menyediakan tempat yang lebih layak untuk menampung dan merawat ODGJ.

“Ketika kami memiliki tempat yang lebih layak insya Allah orang-orang yang terlantar tidak ada lagi di Cianjur. Saya berharap kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kami,” harapnya.

Dadang menuturkan, YRPJ telah membantu pemerintah sehingga sudah menjadi kewajiban pemerintah membantu memfasilitasi YRPJ.

“Soalnya mereka juga punya hak sebagai warga Indonesia,” ungkapnya.

Dadang menjelaskan, kendala yang dialami di lapangan kebanyakan ODGJ yang tidak memilki data, sedangkan untuk membawa mereka harus ada BPJS.

“Saya berharap kerjasama ke Disdukcapil untuk mempermudah kami mengurus surat surat khusus ODGJ, jangan sampai nunggu di pasung dulu baru ada gerakan,” tuturnya.

Selain itu saat ini YRPJ hanya merawat ODGJ perempuan karena tak adanya fasilitas memadai untuk menampung pasien ODGJ laki-laki.

“Kenapa yang diutamakan itu merawat perempuan, karena yayasan rumah pulih jiwa belum memiliki tempat yang memadai untuk laki laki-laki, karena laki laki itu rentan jika di satu ruangankan dengan perempuan. Makannya untuk sementara kami hanya bisa merawat perempuan,” pungkasnya. (byu)