Bupati Kunjungi Masyarakat Terdampak Longsor Cibeber

RADARCIANJUR.com – Paska terjadinya longsor pekan lalu di kampung Cingkeuk Desa Cibokor Kecamatan Cibeber Jum’at 04/05/2021 masih menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat yang terdampak.

Kerugian harta benda seperti Kendaraan, rumah serta perabotan lenyap tertimbun reruntuhan material tanah longsor dan ratusan jiwa turut ungsikan

Bencana tersebut turut mendapatkan perhatian dari berbagai pihak terutama Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut membuat Bupati Cianjur melakukan kunjungan didampingi para pemangku kebijakan di Kabupaten Cianjur.

Pantauan Radar dilapangan Sabtu 05/06/2021 Bupati Cianjur mengunjungi lokasi pengungsi yang berada di kampung Cibitung Muara setelah mengurungkan niatnya untuk melihat ke lokasi terjadinya longsor karena rawan pergerakan tanah.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Cianjur didampingi istrinya beserta Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat , BPBD Cianjur, Dandim, Kapolres, Kadis Dinkes dan lain-lainnya.

Bupati Cianjur H. Herman Suherman menyampaikan, akan menjamin kebutuhan pangan bagi para pengungsi yang terdampak longsor.

Dalam acara kunjungan tersebut bupati memberikan sumbangan kebutuhan pokok sembako dan Sejumlah uang tunai

“Pemerintah Cianjur akan menjamin kebutuhan pangan bagi masyarakat yang terdampak longsor kampung Cingkeuk,” katanya ditemui di sela-sela wawacara.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Cianjur akan merelokasi kampung tersebut dengan menyiapkan berbagai langkah.

“Tentunya perlu direlokasi karena lokasi sudah tidak memungkinkan untuk ditempati. Pemerintah sudah menyiapkan lahan berupa tanah desa dan itu gratis,”tuturnya.

Herman menyampaikan, pembangunan yang akan dilakukan berikut dengan fasilitas penunjang infrastruktur.

“Rumah yang rusak parah ataupun sedang akan kita bangun kembali dengan berbagai macam infrastruktur seperti jalan gang agar kedepannya aman, nyaman dan terhindar dari bencana,”ungkapnya.

Herman menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menunggu pendataan masyarakat yang terdampak untuk direlokasi dan dibangunkan kembali kampung tersebut.

“Nanti pelaksanaannya kami bekerjasama dengan Dinas Sosial dan PUPR Kabupaten Cianjur dan sedang menunggu pendataan dari Camat dan Kepala Desa,”tandasnya. (byu)