Sesar Cimandiri Tunjukan Aktifitas, Gempa 3,0 Magnitudo Terjadi di Cianjur

RADARCIANJUR.com- Gempa bumi tektonik berkekuatan 3.0 magnitudo terjadi sekitar pukul 21.52 WIB yang berlokasi di titik koordinat 6.84 lintang selatan dan 107.16 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak tiga kilometer tenggara Kabupaten Cianjur pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut merupakan gempa jenis dangkal yang disebabkan oleh aktifitas sesar Cimandiri.

Gempa turut dirasakan hampir di seluruh wilayah Cianjur. Salah satunua, Nita (23) warga Kampung Madangkara Kelurahan Pamoyanan yang merasakan gempa secara singkat tersebut.

“Kaget, dikira ada truk lewat padahal mah gempa tapi sekejap gitu,” ujarnya sembari cemas.

Dirinya bersama keluarganya beberapa saat keluar rumah untuk menenangkan diri terlebih dahulu dan akan kembali setelah dirasa aman.

Kepala BMKG Stasiun Bandung, Teguh Rahayu membenarkan adanya gempa yang berlokasi atau terpusat di Cianjur tersebut yang diakibatkan karena adanya aktifitas sesar Cimandiri.

“Iya betul, itu gempa dangkal kedalaman 10 kilometer karena adanya aktifitas sesar Cimandiri,” ujarnya melalui pesan singkat.

Lanjutnya, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan dari dampak gempa bumi. Bahkan, pihak BMKG terus melakukan monitoring dan memastikan belum adanya aktifitas gempa bumi susulan.

“Yang pasti masyarakat jangan panik, tetap tenang, jangan termakan informasi hoax dan selalu waspada,” imbaunya. (kim)