4.100 Vial Vaksin Disuntikkan Kepada Lansia di Cianjur

PUTUS MATA RANTAI COVID-19: Sejumlah masyarakat kalangan lanjut usia (lansia) mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Polres Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Vaksinasi terhadap masyarakat lanjut usia (lansia) di Kabupaten Cianjur kembali digelar. Pelaksaan kali ini dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara dengan 4.100 dosis yang disebar ke 24 polsek yang ada di Kabupaten Cianjur. Vaksin yang diberikan kepada lansia yakni Sinovac dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur. Vaksinator murni dari RS Bhayangkara dan Polres Cianjur, sementara Dinkes Kabupaten Cianjur hanya melakukan pemantauan saja.

Secara keseluruhan, vaksinasi ditargetkan 1.000 vial dan 3.100 vial untuk di lingkungan polsek dan Polres Cianjur. Sehingga penanganan Covid-19 bisa cepat diantisipasi penyebarannya melalui vaksinasi.

Plt Kadinkes Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy mengatakan, Dinkes Kabupaten Cianjur hanya mensupport dan mendukung pelaksanaan vaksinasi, sementara untuk tindakan sepenuhnya dari pihak RS Bhayangkara.

“Vaksin yang digunakan ini Sinovac, jadi dari Dinkes kami support untuk vaksin Sinovac. Untuk Vaksinator murni dari RS Bhayangkara dan Polres Cianjur,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi pun berjalan aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, turut dipantau langsung oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman dan Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochammad Rifai menjelaskan, vaksinasi Covid-19 turut dilakukan serentak di 24 polsek di Kabupaten Cianjur. Ia menyebut, sebanyak 4.100 dosis vaksin diberikan kepada kalangan lansia.

“Untuk di RS Bhayangkara kita targetkan 1.000 vial dan 3.100 vial yang akan divaksin di polsek jajaran Polres Cianjur,” ucap dia.

Piihaknya mengimbau masyarakat, khususnya lansia agar tidak ragu untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Mengingat, vaksin Covid-19 merupakan salah satu upaya untuk mencegah virus corona dengan menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal.

“Sudah banyak contoh yang sudah divaksin jadi tidak perlu ragu dengan vaksinasi karena untuk medukung pencegahan Covid-19,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi jajaran Polres Cianjur, Dinkes Cianjur dan RS Bhayangkara Cianjur atas terselenggaranya vaksinasi Covid-19 tersebut.

“Kenapa lansia? Karena target lansia masih kecil sekitar dua persen, di bawah target provinsi dan pusat, mudah-mudahan dengan seperti ini, karena lansia rentan kita bisa sejajar dengan provinsi,” singkatnya. (kim)