Bertahun-tahun Tak Kunjung Dibangun, Warga Agrabinta Gotong-Royong Bangun Akses Jalan

RADARCIANJUR.com- Bertahun-tahun dan tak kunjung dibangun masyarakat lakukan kegiatan pembangunan jalan secara swadaya dan gotong royong.

Kegiatan pelebaran jalan tersebut dilakukan di salah satu akses jalan di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Kepala Desa Mekarsari, Leby Nurdiansyah mengatakan pelebaran jalan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses jalan hingga ke pelosok wilayahnya

“Sebelumnya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, hanya kendaraan roda dua saja, pelebaran ini bertujuan untuk mempermudah akses warga desa,” katanya, Senin 07/06/2021.

Ia menjelaskan ruas jalan setelah pelebaran dengan ukuran lima meter dan jalan tersebut dibangun hingga perbatasan dengan Desa Sukamanah.

“lebih dari lima meter dan panjangnya sampai ke perbatasan desa Sukamanah, bahkan ada sawah warga yang dikorbankan demi pelebaran ini,”tuturnya.

Kades menambahkan, pembangunan jalan tersebut bersumber dari dana hasil sumbangan masyarakat dan dana pribadinya.

“Dengan semangat yang kuat, Alhamdulillah meskipun dengan dana pribadi dan swadaya masyarakat pelebaran bisa dilakukan,”ungkapnya.

Menurutnya, dengan pelebaran jalan yang dikerjakan bersama-sama masyarakat akan terbantu dengan akses jalan tersebut untuk menunjang kebutuhannya sehari-hari.

“Insyaallah sekarang bisa dilalui roda empat, meskipun keadaan jalannya masih tanah, belum aspal,”tuturnya.

Kades menuturkan, saat ini pihaknya berharap bantuan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun donatur untuk pembangunan jalan tersebut kedepannya.

“Semoga ada bantuan dari pihak terkait masalah penyelesaian akhirnya seperti pengaspalan, kami hanya mampu sampai tahap pelebaran aja, dan dana desa juga tidak akan cukup karena teralihkan oleh alokasi Covid-19,”tandasnya (byu)