Vaksinasi Lansia di Ciputri Dihadiahi Ayam Hidup

Sebagai tali asih dari Polsek dan Pemerintah, sejumlah lansia di kecamatan Pacet diberikan seekor ayam hidup. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Kecamatan Pacet, kabupaten Cianjur berbeda seperti biasanya. Bagaimana tidak, ratusan warga lanjut usia (Lansia) seperti di Desa Ciputri mendapatkan tanda kasih seekor ayam hidup usai menjalani vaksinasi, Senin (7/6/2021).

Kapolsek Pacet, AKP Galih Apria mengatakan inovasi pemberian ayam kepada ratusan lansia ini dilaksanakan untuk mengajak warga yang asalnya kurang minat atau enggan untuk disuntik vaksin, bisa mau menjalani vaksinasi Covid-19.

“Kita punya inisiatif selain diberikan tanda kasih seekor ayam, juga para lansia tersebut dijemput menggunakan mobil untuk mau menjalani vaksinasi oleh tim medis di Aula Desa Ciputri ini,” tuturnya, Senin (6/6).

Ia menyebut, target hari ini yang menjalani vaksinasi di wilayah hukum Polsek Pacet itu lebih dari 300. Dengan dibagi tiga titik. Yakni di Desa Ciloto, Gadog, dan Desa Ciputri Kecamatan Pacet.

“Sekarang ini lebih dari 100 ayam sudah kita berikan kepada para lansia atau orang tua kita yang asalnya tidak mau, akhirnya setelah diberikan penjelasan dan diberikan tali asih, jadinya mau,” kata dia.

Tak hanya itu, ia memaparkan, untuk teknis pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya bersama Forkopimcam Pacet dan Pemerintah desa serta tim medis, menyambangi ke kampung-kampung, sekaligus memberikan tanda hati kepada mereka.

“Kita patungan antara forkopimcam Pacet dan Pemerintah desa juga tenaga kesehatan menyediakan ratusan ayam ini, supaya ibu-ibu ini mau ikut disuntik vaksin,” tukasnya.

Salah seorang Lansia yang ikut menjalani vaksinasi Covid-19, H. Entis Sutisna mengatakan, merasa senang dan terbantu atas program yang selama ini digalakkan Pemerintah bersama unsur lainnya.

Terutama, kata dia, kepada kepolisian yang telah memberikan tali asih berupa ayam hidup ke para lansia di kecamatan Pacet ini.

“Alhamdulillah terasa terbantu kang, apalagi saya sering ke luar kota juga. Makanya dengan adanya vaksinasi ini ingin terus sehat,” ujarnya.

Ia berharap, pemberian vaksinasi ini, bisa memberikan kekuatan imun tubuh terlebih di masa Pendemi Covid-19. “Mudah-mudahan pandemi Covid-19 bisa segera usai, dan warga Indonesia semuanya sehat terus,” pungkasnya. (dan)