Anggota MPR RI: 4 Pilar Kebangsaan Harus Tertanam Dalam Jiwa

Anggota MPR RI, Tjetjep Muchtar Soleh, MM tengah melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan di wilayah Pacet. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika harus terus disosialisasikan, agar terpatri dan tertanam dalam jiwa di kehidupan masyarakat.

Hal tersebut di utarakan Anggota MPR RI, Tjetjep Muchtar Soleh, MM dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di depan Kelompok Belajar Bersama STIE Tridharma, di Wisma Sinar Kasih Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Cianjur, Selasa (8/6/2021).

Selain sosialisasi, Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem itupun turut menyerahkan beberapa paket buku dan sertifikat kepada seluruh peserta yang telah disediakan sebagai panduan untuk menambah wawasan terkait nilai-nilai kebangsaan.

“Sosialisasi 4 pilar kebangsaan di daerah pemilihan anggota MPR ini merupakan manifestasi tanggung jawab anggota MPR itu sendiri untuk membangun daerah,” kata Tjetjep.

Menurutnya, substansi empat Pilar MPR RI ini bukan sesuatu yang baru. Akan tetapi merupakan semangat yang sudah harus tertanam lama dalam jiwa bangsa. Sebagai manifestasi adanya rasa kebangsaan yang telah hidup dalam struktur dan kultur masyarakat Indonesia.

“Jadi, upaya yang selanjutnya harus di lakukan adalah kemauan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI secara konsisten,” ujarnya.

Dengan begitu, masyarakat yang hadir dalam kesempatan ini, bisa kembali mensosialisasikan atau menyampaikan ulang kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya. “Diharapkan dengan sosialisasi ini mampu menumbuhkan komitmen yang kuat bagi seluruh komponen bangsa,” tukasnya.

Managemen STIE Tridharma, Supriyadi MM menyambut baik dengan adanya sosialisasi 4 pilar di hadapan para mahasiswa.

“Adanya sosialisasi dan berbagi pengalaman yang disampaikan beliau, mudah-mudahan bisa menambah insiparasi ke mahasiswa dalam merintis hidup mulai bawah sampai posisi terbaik bagi semuanya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Supriadi menambahkan, melalui sosialiasi 4 pilar ini, mahasiswa bisa memahami kekuatan dan inti pancasila yang sudah diwarisi oleh presiden pertama.

“Dengan melalui UUD 1945, bagaimana kita bisa merdeka hak segala bangsa dan membebaskan negara ini dari kemiskinan serta memajukan pendidikan utama,” tandasnya. (dan)