Ada Lagi, Buang Sampah Sembarangan Kena OTT

TERTANGKAP BASAH: Dua orang yang tengah menurunkan sampah di Jalan Lingkar Timur terciduk DLH dan diberikan teguran. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com- Pembuangan sampah di Kabupaten Cianjur belum sepenuhnya disadari oleh masyarakat. Belum lama ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur mendapati masyarakat yang membuang sampah sembarangan atau operasi tangkap tangan (OTT) di Jalan Lingkar Timur.

Saat itu, terlihat satu unit mobil pick up berwarna hitam berhenti di pinggiran jalan sebelum lampu merah Maleber tengah menurunkan beberapa karung sampah dan langsung diintrogasi oleh Sekretaris DLH, Sugeng Supriyanto.

“Itu saat saya melintas, kedapatan kendaraan bak terbuka berhenti menurunkan beberapa karung dan saat saya periksa ternyata isinya sampah semua,” ujarnya.

Dua orang yang salah satunya supir pun diberikan teguran agar tidak membuang sampah sembarangan dan bukan pada tempatnya. Rata-rata sampah yang dibuang merupakan sampah rumah tangga.

“Saya suruh buang ke TPA, jadi tidak membuang sembarangan. Kan sudah ada jadwalnya buang sampah dari jam 19.00-5.00 WIB, selebihnya tidak boleh,” ungkapnya.

Lanjutnya, membuang sampah sembarangan tentunya dapat dikenakan tindak pidana ringan (tipiring) dengan kurungan tiga bulan penjara dan denda kurang lebih Rp50 ribu.

“Ada peraturannya itu di K3 Satpol PP, masuknya ke tipiring,” paparnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dan tidak membuang sampah di luar jadwal yang sudah ditetapkan. (kim)