Sarikat Buruh Cianjur Gelar Audensi dengan PT C.A.U

Audensi buruh yang diadakan di pendopo berlangsung damai. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Dinilai melakukan tindakan sewenang-wenang terhadap karyawan PT C.A.U (Cianjur Alam Utama) di tuntut Aliansi Buruh Cianjur yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Aksi Aliansi Buruh tersebut dengan melakukan audensi bersama dengan di fasilitasi Pemkab Cianjur dan turut mengundang Disnakertrans, Dishub, Polres, Pihak Perusahaan yang di adakan di pendopo dengan menggunakan protokol Covid 19.

Panglima Komando SPN Provinsi Jawa Barat Buya Fauzi mengatakan, audensi yang dilakukan dipendopo adalah audensi yang ketiga kalinya dilakukan antara Sarikat Pekerja bersama pihak perusahaan PT. C.A.U.

“Jadi audensi ini adalah lanjutan dari audensi sebelumnya yang tidak menemukan benang merah atau kesepakatan dari tuntutan kami selaku yang mewakili para pekerja perusahaan tersebut yang dilakukan tindakan yang tak sesuai dalam bekerja,”katanya Kepada Radar Cianjur, Rabu 09/06/2021.

Menurutnya, permasalahan yang terjadi akibat jam kerja yang dilakukan PT C.A.U yang diberikan kepada supir-supir pengantar barang dinilai tak sesuai dengan undang-undang.

” Adanya Jam kerja diatas normatif yang diatur undang-undang. Dalam aturan sendiri jam kerja itu tujuh jam, kalau delapan jam harus ada jam istirahat,” tuturnya.

Buya menjelaskan, fakta yang terjadi dilapangan perusahaan memberikan jam kerja kepada supir-supir sampai batas waktu yang ditetapkan

“Jadi menurut informasi dari rekan-rekan SPN Kabupaten Cianjur supir masuk kerja jam tujuh pagi dan pulang jam sembilan malam, dan itu tentunya sangat melanggar,”ungkapnya.

Namun menurutnya, hasil dari audensi yang kembali dilakukan tersebut tidak menemukan kesepakatan.

“Jadi hasilnya tetap sama dan kami akan tetap menyuarakan tuntutan kami terhadap PT C.A.U,” ungkapnya.

Sementara itu pihak perusahaan PT C.A.U di konfirmasi Radar Cianjur di sela-sela selesainya audensi tidak dapat memberikan keterangan.(byu)