Pemdes Cimacan Umumkan Pendaftaran Balon Perangkat Desa

Kantor Desa Cimacan

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur mulai mengumumkan adanya pendaftaran bagi bakal calon (Balon) perangkat desa yang akan mengikuti tes sejak Selasa (8/6) hingga penyerahan berkas nanti, Senin (14/6/2021).

Kepala Desa Cimacan, Deden Ismail mengatakan, pengumuman tersebut telah dimulai sejak beberapa hari kemarin. Bahkan hingga kini, telah ada sejumlah warga yang antusias ingin mendaftar sebagai bakal calon perangkat desa.

“Jadi karena sekarang itu ada dua kursi kepala dusun yang kosong karena mengundurkan diri, makanya kami buka seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai perangkat desa,” ujarnya kepada radarcianjur.com, Kamis (10/6).

Lebih lanjut ia mengatakan, perangkat desa yang nantinya akan ditempatkan itu, yakni menjadi kepala dusun dua dan dusun tiga.

“Jadi untuk teknisnya itu kami sudah serahkan ke panitia. Agar dalam pelaksanaannya bisa dilakukan secara independen dan terbuka. Tidak ada intervensi maupun hal-hal lain,” kata Deden.

Ia menambahkan, dalam mekanisme pun, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa telah diatur dan mengacu pada ketentuan sebagaimana dalam Permendagri Nomor 83 Tahun 2015, Tentang Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa, yang telah diubah dalam Permendagri Nomor 67 Tahun 2017.

“Tujuan kami dengan adanya pembukaan bagi calon perangkat desa oleh panitia adalah untuk memastikan proses pengangkatan perangkat desa itu dilakukan secara bersih dan memiliki bobot bukan atas perasaan suka dan tidak suka kepada orang tertentu,” papanya.

Maka dari itu, ia berharap, ketika sudah selesai dilakukan pendaftaran dan ditetapkan perangkat desa yang sesuai regulasi, mereka itu bisa sama-sama bekerja secara maksimal bagi desa dan masyarakat.

“Minimal dapat bekerja sesuai harapan. Makanya kami buka seluas-luasnya untuk masyarakat semuanya,” pungkasnya. (dan)