Dari Lansia Hingga ODGJ Jalani Vaksinasi di Polres Cianjur

GILIRAN LANSIA: Salah seorang lansia tengah menjalani proses screening sebelum menerima vaksin yang disediakan oleh Polres Cianjur yang bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Kepolisian Resor (Polres) Cianjur yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melakukan vaksinasi terhadap sejumlah orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ). Bukan hanya ODGJ, sejumlah masyarakat disabilitas, pra lansia dan lansia pun turut mengikuti vaksinasi gratis tersebut. Vaksinasi memang dilakukan kepada sejumlah masyarakat yang dalam kategori berkebutuhan khusus tersebut agar terhindar dari penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur.

Keseluruhan yang mengikuti vaksinasi sebanyak 200 orang di halaman Mapolres Cianjur dengan tetap merenerapkan protokol kesehatan (prokes). Vaksinasi diutamakan terlebih dahulu kepada ODGJ, pasalnya dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai mengatakan, kegiatan tersebut memang sudah diagendakan Polres Cianjur dalam turut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cianjur.

“Ini berkat kerjasama Dinkes Kabupaten Cianjur, vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar yang dilakukan kepada 200 orang yang terdiri dari ODGJ, disabilitas, pra lansia dan lansia yang ada di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Bukan hanya ODGJ yang ada di yayasan saja, ternyata turut menyasar ODGJ yang ada di pinggir jalan yang ditemui oleh anggota Polres Cianjur. Sehingga program yang diinstruksikan pemerintah pusat dapat dijalankan juga di Kabupaten Cianjur.

“ODGJ yang kita temui di pinggir jalan pun turut kita vaksinasi disini, bukan hanya dari yayasan saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menambahkan, hingga saat ini di Kabupaten Cianjur tingkat partisipasi vaksin untuk lansia masih rendah baru empat persen dari 240 ribu atau sekitar 2.400 lansia.

“Lansia memang mulai vaksinasi pada bulan April 2021 yang bertepatan dengan ibadah puasa. Sehingga beberapa lansia mungkin sedang lebih fokus menjalankan ibadah, meskipun pemerintah sudah memperbolehkan,” jelasnya.

Pihaknya pun terus berupaya untuk menekankan vaksinasi kepada lansia dan ditargetkan bisa seluruh lansia di Kabupaten Cianjur mendapatkan vaksinasi Covid-19. (kim)