Kemenag Sebut Moderasi Sistem Digitalisasi di Madrasah Bakal Jadi Prioritas

Kepala Biro Umum Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Yayat Supriadi. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kepala Biro Umum Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Yayat Supriadi menyebut, moderasi beragama dan sistem digitalisasi di madrasah akan menjadi salah satu program prioritas Kemenag saat ini.

“Bahwa saat ini kementerian agama itu mempunyai program yang menjadi prioritas yakni moderasi beragama dan sekaligus juga digitalisasi di madrasah,” ujarnya usai mendampingi kunjungan kerja (Kunker) Komisi VIII DPR RI di MAN 2 Pacet, kemarin.

Yayat mengatakan, program tersebut nantinya akan menyatukan seluruh akses-akses data yang ada di seluruh kementerian agama. Karena menurutnya, sejauh ini data-data yang ada di masing-masing unit eselon 1A itu masih belum tergabung.

“Jadi nanti, baik data ke dinas atau data pendidikan maupun data lainnya kami akan gabungkan jadi satu pintu semuanya,” kata dia.

Tak hanya itu, ia menuturkan bahwa pendidikan di madrasah saat ini tentu sudah bisa terlihat memiliki potensi dan realisasi siswa cukup baik. Artinya, prestasi para siswa di madrasah tak sedikit yang sudah memiliki kemampuan di tingkat nasional.

“Madrasah sekarang itu prestasinya sudah jauh lebih hebat dibanding dengan pendidikan di sekolah-sekolah umum lainnya,” kata dia.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu demi perkembangan pendidikan khususnya di Madrasah,” tambahnya. (dan)