Pemdes Cipanas Raih Juara 1 Lomba Desa Terbaik Se-kabupaten

Pemerintah Desa Cipanas saat mengikuti tahapan penilaian lomba desa terbaik. Foto: Istimewa

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Cipanas, Kecamatan Cipanas, telah resmi meraih juara 1 lomba desa terbaik tingkat Kabupaten Cianjur, yang dilaksanakan tahapannya sejak awal Mei hingga ditetapkannya pemenang oleh Bupati pada Jum’at (28/5/2021).

Hal tersebut diperkuat berdasarkan isi surat yang diputuskan Bupati Cianjur dengan nomor 140/KEP.100-DPMD/2021, bahwa Desa Cipanas Kecamatan Cipanas menjadi juara lomba desa terbaik 2021.

Kepala Desa Cipanas, H. Agus Sahputra mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas apa yang telah diraih pemerintah desa saat ini.

Bahkan dalam perjalanannya ia menuturkan, tahapan demi tahapan dilaksanakan bersama-sama secara maksimal. Meskipun dalam perjalanan, ada beberapa hal yang mesti dibenahi. Namun akhirnya bisa meraih itu sesuai harapan.

“Pada saat itu mulainya lomba desa di awal Mei. Dari tahapan administrasi, pemaparan sampai penentuan, selama satu bulan kami jalani. Hingga akhirnya Alhamdulillah, bisa menjadi juara 1 tingkat kabupaten,” kata Agus saat ditemui, Jum’at (11/6/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan, tak ada persiapan khusus untuk melaksanakan lomba desa kemarin. Bahkan semua berkas-berkas yang mesti ada sesuai Permendagri, Permendes, Pergub serta Perbup sudah dipersiapkan. Sehingga ketika ada lomba ini tidak ada kesulitan yang berarti.

“Jadi ketika beberapa berkas di Lembaga administrasi yang ada di desa diperlukan untuk tahapan lomba, kami sudah siap. Tinggal kita minta karena sebelumnya memang sudah tersedia,” kata dia.

Ketersediaan sejumlah berkas itu menurutnya, merupakan suatu kewajiban Pemerintah Desa agar bagaimana menyiapkan administrasi secara baik dan tertata. Termasuk salah satu pertanggungjawaban Pemdes kepada masyarakat. Sehingga ada lomba ataupun tidak, semua persyaratan administrasi dan sebagainya sudah komplit.

“Lebih utama, ketika masyarakat meminta pertanggungjawaban kita sudah siap segala sesuatunya,” ujar Agus.

Kedepan, ia berharap, mudah-mudahan Desa Cipanas menjadi desa yang bisa mensejahterakan masyarakatnya. Baik dari sisi pendidikan, kemasyarakatan dan kewilayahan.

“Mudah-mudahan juara Kabupaten ini bisa menjadikan nilai plus untuk bagaimana pihak pemerintah diatas kita membantu Desa ini. Terlebih yang nantinya untuk kelangsungan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (dan)