Tudingan Ilegal, Kades Cimacan: Silahkan Kami Bina

Kantor Desa Cimacan

RADARCIANJUR.com – Menanggapi adanya sanggahan yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, terkait dengan persoalan pengelolaan K3 ODTW Cibodas, Pemerintah Desa Cimacan kembali angkat bicara.

Kepala Desa Cimacan Deden Ismail mengaku, selama menjabat kepala desa (Kades), pihaknya sebetulnya tak ingin mempersoalkan terkait pengelolaan di objek daerah tujuan wisata (ODTW) Cibodas. Apalagi ia sadar, bahwa lahan di kawasan itu merupakan milik pemerintah daerah (Pemda) Cianjur.

“Betul kang memang milik Pemkab Cianjur. Saya pun tak ingin seolah-olah memiliki, karena bukan hak kami (Pemdes, red). Jika sekarang memang diambil alih, silahkan saja,” kata dia, saat dikonfirmasi Jum’at (11/6).

Namun, lanjutnya, jika memang Pemerintah desa (Pemdes) selama ini ada kekurangan ataupun kesalahan terkait pengelolaan K3 di kawasan tersebut beberapa waktu lalu, ia hanya meminta untuk diingatkan dan dibina sebaik mungkin menurut regulasi yang ada.

“Iya kalaupun memang ada kekurangan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan peraturan Pemkab, padahal kami ingatkan saja. Karena saya akui masih banyak kekurangan kami yang harus dibenahi,” ujarnya.

Pihaknya berharap, persoalan ini tidak terus berlarut-larut dan meluas ke arah yang tidak diinginkan. Bahkan jika perlu, ia mengajak untuk semua pihak bisa duduk bersama bagaimana solusi terbaik permasalahan itu.

“Mari kita duduk sama-sama. Karena sejatinya saya tak ingin ada konflik kedepannya. Apalagi kami di Pemerintah desa masih banyak kekurangan yang harus dibenahi terus,” tukasnya.(dan)