Gaet Pembeli, Pasar Rakyat Bakal Bikin Pemandian Air Panas

Pasar Cipanas, Kabupaten Cianjur. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Demi meningkatkan daya beli masyarakat ke pasar rakyat Cipanas, pengelola berencana bakal membuat tempat rekreasi berupa kolam pemandian air panas untuk umum di salah satu lahan pasar berstandar Nasional Indonesia (SNI) tersebut.

Hal itu dikatakan Kasubbag Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Iman Rohiman kepada radarcianjur.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (11/6/2021).

“Rencananya sudah jauh-jauh hari untuk mempersiapkan tempat rekreasi itu. Namun masih terkendala anggaran atau modal yang akan dialokasikan bagi spot wisata di pasar ini,” kata Iman saat dikonfirmasi.

Pihaknya justru berharap, dengan rencana tersebut, ada investor atau pemodal swasta yang bersedia membangun spot wisata di dalam pasar ini, sehingga ketika telah ada, secara otomatis akan berpengaruh juga terhadap para pedagang lain di pasar rakyat ini.

“Yakin kang, kalau sudah ada tempat rekreasi semacam kolam pemandian air panas, pedagang lain di sekitar akan terpengaruh positif,” kata Iman.

Ia menyebutkan, lahan yang akan direncanakan spot wisata tersebut terletak di lantai dua pasar. Dengan estimasi luas sekitar 300 meter.

“Kan selama ini di kita itu ada sumber air panas. Nah, dengan potensi tersebut, kami dari UPTD, K5 dan DPP pasar ingin mewujudkan inovasi itu supaya pasar rakyat Cipanas lebih ramai, dan maju. Apalagi kini telah menjadi salah satu pasar berstandar Nasional Indonesia (SNI),” tukasnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Cipanas, Roni (35) mengaku, akan mendukung penuh pengelola pasar atas rencana tersebut. Sehingga diharapkan bisa lebih menarik terus konsumen yang akan berbelanja ke pasar rakyat ini.

“Kami dari perwakilan pedagang jelas sangat mendukung seluruh inovasi pengurus pasar. Apalagi bagi keuntungan bersama khususnya para pedagang,” ujarnya.

Dengan begitu, para pedagang yang asalnya mengalami penurunan daya jual, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, bisa kembali menggeliat.

“Harapan pedagang itu sebetulnya hanya menginginkan daya jual beli di pasar rakyat Cipanas ini bisa terus meningkat. Baik itu secara pengelolaan, penataan, keamanan, dan lain sebagainya,” pungkasnya. (dan)