Senin Malam, CA Bakal Dilantik jadi Sekda Cianjur?

Ilustrasi

 

RADARCIANJUR.com- Setelah menjalani serangkaian seleksi, akhirnya Kabupaten Cianjur akan memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) secara definitif. Sekda yang lolos dan dipilih oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman agar bisa mendampingi dalam kinerjanya selama kurang lebih lima tahun yakni Cecep Alamsyah.

Rencananya, Senin (14/6) malam akan dilangsungkan pelantikan setelah diterbitkannya surat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Diketahui, Surat Persetujuan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur telah diterbitkan Kemendagri pada 10 Juni 2021.

Surat bernomor 821/3328/SJ ditandatangani langsung Mendagri, Tito Karnavian dan disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pelantikan akan dilakukan di Pendopo Cianjur.

“Insya allah akan dilaksanakan pelantikan karena surat izin dari kemendagrinya sudah turun,” ujarnya.

Lanjut Budi, pihaknya mengundang seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) namun jumlahnya tetap dibatasi.

“Kita undang seluruh kepala dinas dan instansi namun tetap terbatas karena harus mengikuti protokol kesehatan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan dilantikan Cecep Alamsyah menjadi Sekda Cianjur, bisa membantu roda pemerintahan bersama Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman-TB Mulyana.

“Mudah-mudahan bisa membantu bupati dan menciptakan harmonisasi tiga kepemimpinan dalam mewujudkan program 100 hari kerja,” harapnya.

Sekda Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah mengatakan, hingga saat ini tidak ada persiapan khusus menjelang pelantikan yang akan dilangsungkan Senin malam nanti.

“Tidak ada persiapan khusus, seperti biasa saja,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai program kerja yang akan dijalankan, dirinya belum bisa mengungkapkan mengenai program kerja yang akan dilakukan.

“Nanti saja kalau sudah dilantik, takutnya nanti disangka PHP,” singkatnya.

Sementara itu, Pakar Hukum Tata Negara (HTN) Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Dedi Mulyadi mengungkapkan, melihat figur Cecep Alamsyah merupakan pejabat yang sudah cukup berpengalaman dalam konteks birokrasi.

“Figurnya memang kita optimis beliau akan melaksanakan tugas dengan baik, kedua, beliau termasuk birokrat yang paham dengan kebijakan politik pak Bupati,” paparnya.

Dirinya memprediksi memang Cecep Alamsyah termasuk orang yang tidak hanya melaksanakan tugas birokrasi dalam konteks administrasi pemerintahan daerah, termasuk bisa menterjemahkan kebijakan politik F1.

Wakil Dekan I Unsur Cianjur ini pun menambahkan, menjadi sekda bukan hanya fungsi administrasi tapi bagaimana mengimplementasikan kebijakan politik bupati dalam bentuk administrasi.

“Intinya Cianjur sekali lagi mendapatkan Sekda yang berkualifikasi untum mengawal kebijakan Pak Bupati dalam melaksanakan berbagai kebijakan termasuk janji politik,” tutupnya. (kim)