Lonjakan Siswa, Smater Pasundan 2 Tutup PPDB

Kepala Sekolah SMA Pasundan 2 Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com- Sekolah Menengah Atas Terbuka (Smater) Pasundan 2 Kabupaten Cianjur tidak melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal tersebut dikarenakan melonjaknya jumlah siswa yang mencapai Puluhan ribu dan perlunya penataan.

Kepala SMA Terbuka Pasundan 2 Cianjur, Yayan Solihin Permana mengatakan, khusus untuk Smater Pasundan 2 Cianjur untuk tahun ini akan terlebih dahulu menunggu moratorium.

“Jadi kita memang kemarin rencananya menata supaya lebih baik. Karena kemarin jumlah siswanya banyak di atas 1.000,” Katanya Selasa, 15/06/2021.

Menurutnya, penataan dilakukan karena berbagai macam faktor penyebab.

“Jadi alasan utamanya penataan karena itu menyangkut jumlah siswa yang banyak, penataan SDM tenaga pengajarnya dan lainnya. Kalau makin banyak saya merasa takutnya tidak bisa memenuhi 8 standar sebagaimana yang diamanatkan,” ungkapnya.

Yayan menjelaskan, Untuk Smater pihaknya tidak melakukan PPBD hanya ditahun 2021 bersama beberapa sekolah swasta lainnya.

“Hanya tahun ajaran tahun ini saja, tahun depan kita menerima lagi. Jadi untuk SMA Pasundan 2 Cianjur dan beberapa sekolah swasta sama. Tapi tahun depan menerima lagi,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini jumlah siswa di Smater Pasundan 2 Cianjur sebanyak 1.050 siswa, dengan rincian siswa yang lulus mencapai 350 dan yang tersisa 700.

“Para siswa tersebut kelas 10 yang sekarang menjadi kelas 11, kemudian kelas 11 yang sekarang menjadi kelas 12,” pungkasnya. (byu)