PTM di Cianjur Akan Ditentukan Sesuai Zona Wilayah Mikro

RADARCIANJUR.com- Pembelajaran tatap muka (PTM) yang direncanakan akan dibuka pada pertengahan Juli 2021 sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim di tengah pandemi Covid-19 sudah mulai dipersiapkan.

Meski tengah di zona kuning, PTM 2021 akan tetap dilakukan dengan melihat zona dari setiap kecamatan hingga Rt sebagai opsi dari zona kabupaten.

“Karena ini instruksi dari Kemendikbud per bulan Juli 2021 PTM harus sudah dimulai. Kita membuat satu aturan agar PTM bisa tetap jalan dengan betul-betul menggunakan persyaratan yang ketat dan mengupayakan untuk keselamatan guru serta murid,” ujar Jubir Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal.

Lanjutnya, zonasi akan dilihat dari zonasi Rt yakni dari PPKM Mikro, salah satu opsi atau pilihan selain zonasi kabupaten. Jika PPKM mikro berzonasi merah tidak akan dilaksanakan PTM.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, untuk PTM dari tanggal 20 Juni 20201 sedang melaksanakan verifikasi dan evaluasi dari masing-masing sekolah untuk diajukan ke Satgas Covid-19 Kabupaten Cianjur hingga tanggal 30 Juni 2021.

“Dari Satgas Covid-19 akan monitoring dan dievaluasi lalu keluar rekomendasi mengenai kemungkinan untuk bertatap muka atau tidak,” ungkapnya.

Himam menambahkan, SD direkomendasi oleh tim desa beserta tim kecamatan, SMP oleh tim kecamatan beserta tim dinas dan SMA oleh tim kabupaten.

“Nanti semua sekolah yang direkomendasikan akan dimonitoring dan dievaluasi terlebih dahulu,” tutupnya. (kim)